Jelang Lebaran Mahasiswa TP Laksanakan Program Penyaluran Zakat Fitrah

USHULUDDIN Rabu, 12 Mei 2021 03:06 WIB
205x ditampilkan Berita

Bragung - INSTIKA - Umat Islam memiliki kewajiban untuk mengeluarkan zakat fitrah di bulan puasa, khususnya menjelang hari raya Idulfitri. Zakat itu diberikan kepada mereka yang sangat membutuhkan, di antaranya para fakir dan miskin.

Hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Tasawuf Psikoterapi (TP) Fakultas Ushuluddin Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep. Himpunan mahasiswa ini membentuk program penyaluran zakat fitrah.

"Alhamdulillah program ini mulai berjalan kali pertama di tahun ini. Semoga terus terlaksana di tahun depan," kata Zahrotul Jannah, ketua Himpunan Mahasiswa Prodi TP.

Mereka menjadikan dirinya sebagai panitia penyaluran zakat sekaligus berzakat. "Kami ingin belajar menumbuhkan rasa empati kepada sesama, khususnya kepada kaum fakir miskin," ujar Zahrotul Jannah.

Pemberian zakat itu dilakukan pada Ahad (9/5/2021). Desa Bragung Kecamatan Guluk-Guluk Sumenep dipilih sebagai tempat penyaluran zakat itu.

"Sebelum zakat disalurkan, kami terlebih dahulu mendata masyarakat yang berhak menerima zakat itu. Setelah itu, kami langsung memberikan zakat kepada mereka," ucapnya lagi.

Zahrotul Jannah bersama teman-temannya mengucapkan terima kasih atas dukungan dari kampus INSTIKA demi terlaksananya kegiatan itu.

"Kami senang. Teman-teman kompak melaksanakan kegiatan ini," tambahnya.

Nuzulul Khair MA, selaku kaprodi TP mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa yang mempunyai inisiatif dan usaha dalam mengumpulkan dan mendistribusikan zakat fitrah.

Sebagaimana harapan mahasiswa, kaprodi TP juga berharap supaya kegiatan positif semacam itu terus dipertahankan. "Jika perlu ditambah dengan kegiatan sosial yang lain, yang tentunya banyak memberikan manfaat kepada masyarakat," katanya.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)