PERADI Bersama Fakultas Syariah Gelar Pendidikan Khusus Profesi Advokat

INSTIKA Sabtu, 28 Agustus 2021 15:20 WIB
185x ditampilkan Galeri Headline Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (DPC PERADI) Madura Raya bekerja sama dengan Fakultas Syari’ah Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep menggelar Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) Angkatan I via Zoom Meeting.

Kegiatan ini dibuka, Sabtu (28/8/2021), oleh Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Nasional (DPN) PERADI, Imam Hidayat SH MH.

Hadir dalam kegiatan ini, Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Rektor INSTIKA Drs KH Ah Syamli MPdI, Wakil Rektor 1 Dr H Damanhuri MAg, Pimpinan Fakultas Syari’ah, dan pengurus DPC PERADI RBA (Rumah Bersama Advokat) Madura Raya, serta 20 peserta dari berbagai wilayah di Madura.

Bupati Sumenep dalam sambutannya atas nama pemerintah Sumenep menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada DPC PERADI Madura Raya dan INSTIKA yang telah mempersiapkan acara ini dengan baik.

"Semoga dengan pelatihan profesi advokat ini akan dihasilkan individu-individu advokat profesional yang mampu membela penegakan hukum di Madura dan Indonesia pada umumnya," katanya. 

Sebagai profesi yang terhormat, Bupati mengharapkan para calon advokat dapat berperilaku secara terhormat, baik hati, jujur, dan bertanggung jawab. "Agar memperoleh kepercayaan publik," terangnya. 

PKPA ini berlangsung mulai hari ini 28 Agustus hingga 25 September 2021. Dua hari pertama peserta wajib hadir ke tempat acara di Ruang Pertemuan INSTIKA. Untuk selanjutnya dilaksanakan secara daring.

“Hal ini telah menjadi tujuan utama kami untuk mempererat emosional dengan INSTIKA terutama dengan Annuqayah. Sejak berdirinya DPC RBA Madura Raya. Alhamdulillah INSTIKA juga menyambut baik dan sangat mendukung terhadap pelaksanaan PKPA INI,” kata Shahibul Arifin, dosen tetap Fakultas Syari’ah sekaligus Ketua Panitia PKPA Angkatan I ini.

Dalam laporannya, sebagai Dosen Fakultas Syari’ah sekaligus anggota DPC PERADI Madura Raya, ia sangat berterimakasih kepada rektor INSTIKA dan dekan fakultas Syari’ah yang telah merekomendasi terlaksananya kegiatan ini.

Sejalan dengan itu, Ketua DPC PERADI Syafrawi, juga menyampaikan bahwa proses kerjasama ini telah diputuskan dan tidak akan salah pilih karena salah satu prodi di fakultas Syrai’ah terakreditasi A.

“Semoga tidak hanya dalam kegiatan PKPA kerjasama kita jalin, namun bisa berlanjut pada kerjasama yang lainnya dalam peningkatan keilmuan di bidang hukum dan merangsang keterampilan mahasiswa Fakultas Syari’ah dalam meningkatkan bantuan hukum bagi masyarakat Madura dan siapapun yang akan berhadapan dengan persoalan hukum," katanya.

Rektor INSTIKA juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama tertulis DPC PERADI Madura Raya dengan INSTIKA. “Hal ini patut saya apresiasi karena Peradi memilih INSTIKA, terutama Fakultas Syari’ah sebagai mitra sarana dalam pengembangan ilmu advokasi. Karena keilmuan ini sangat penting diketahui oleh masyarakat umum terutama pejabat, agar dapat memahami terhadap rambu-rambu sehingga tidak menabrak norma hukum yang berlaku,” ujarnya.

Sementara, dekan Fakultas Syari’ah Drs H Abdul Halim MPdI menyampaikan harapan, semoga kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh seluruh peserta. “Terima kasih kami sampaikan kepada PERADI telah bekerjasama dengan Fakultas Syari’ah untuk mengembangan kapasitas kelembagaan kami, karena salah satu aspek keilmuannya adalah pengembangan hukum positif maupun hukum syari’ah,” katanya.

Penulis: Ahmad Falhan Afifi (Fakultas Syariah)

​​​​​Editor: Masykur Arif (LP2D)