Menuju Indonesia Emas 2045, PPIAUD Siapkan Generasi Unggul

INSTIKA Kamis, 24 Maret 2022 14:42 WIB
83x ditampilkan Berita

Bandung - INSTIKA - Perkumpulan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PPIAUD) menggelar Konferensi Nasional dan Rapat Anggota Tahunan II, Selasa-Rabu (22-24/03/2022) di Hotel Grand Tjokro Premier, Bandung, Jawa Barat.

Ketua Prodi PIAUD Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep, Mohammad Afnan, M.Pd.I., menghadiri kegiatan itu. Menurut laporannya, kegiatan yang dihadiri seluruh anggota PPIAUD se-Indonesia itu kali ini mengusung tema: "Memperkuat Prefesionalisme Calon Guru PAUD dan Lembaga yang Kredibel Guna Membentuk Anak yang Saleh, Cerdas, dan Unggul Menuju Indonesia Emas 2045."

"Menyambut Indonesia Emas 2045 perlu persiapan character building anak sejak dini," katanya. Sebab, lanjutnya, tanpa persiapan yang matang, Indonesia sulit untuk maju, mandiri dan bisa bersaing dengan bangsa lain ketika usianya nanti sudah mencapai 100 tahun kemerdekaannya.

"Karena itu, dalam pertemuan PPIAUD kali ini yang kami bicarakan adalah; satu tentang pengelolaan dan pengembangan prodi PIAUD; dua tentang pengembangan daya serap lulusan PIAUD kepada pemangku kebijakan PAUD; tiga merumuskan kesepakatan tentang pengembangan PIAUD dan  melakukan kerja sama dalam pengelolaan dan pengembangan prodi," tambahnya.

"Selain itu dalam kegiatan ini Asosiasi melaunching 16 RPS MK Utama PIAUD, 7 RPS MBKM dan Buku Pedoman PKM PIAUD. Semua RPS dan Buku diberikan gratis kepada seluruh anggota asosiasi" tuturnya.

Melalui kegiatan itu, menurut Kaprodi PIAUD INSTIKA, seluruh anggota PPIAUD yang hadir akan berusaha mengembangkan prodi yang dikelola di perguruan tinggi masing-masing. "Sehingga kegiatan ini benar-benar memberikan kontribusi yang signifikan bagi prodi PIAUD," katanya.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)