PIAUD INSTIKA dan PG PAUD UTM Teken IoA dan Gelar Seminar PkM

INSTIKA Senin, 27 Juni 2022 12:51 WIB
170x ditampilkan Galeri Headline Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep dan Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura (UTM) menjalin kerja sama.

Tujuan kerja sama ini adalah untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam bidang pengabdian kepada masyarakat. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Implementation of Arrangement (IoA).

Dokumen resmi kerja sama itu ditandatangani oleh Koorprodi PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan UTM, Dwi Nurhayati Adhani, S.Psi., M.Psi., dan Kaprodi PIAUD Fakultas Tarbiyah INSTIKA, Mohammad Afnan, S.Pd.I., M.Pd.I. Dokumen resmi itu juga ditandatangani pimpinan fakultas, yaitu Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UTM, Dr. Hani'ah, S.Pd., M.Pd., dan Dekan Fakultas Tarbiyah INSTIKA, Ubaidillah, S.S., M.A.

Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UTM, Dr. Hani'ah, dalam sambutannya menyampaikan, kehadiran pihaknya ke INSTIKA tidak untuk menggurui tetapi sekadar berbagi pengalaman dan pengetahuan. "Barangkali apa yang kami lakukan bisa dilakukan di sini di masa depannya," katanya.

Di samping itu, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan itu juga menyampaikan terima kasih kepada INSTIKA khususnya Fakultas Tarbiyah yang menerima tim kerja sama dari Fakultas Ilmu Pendidikan UTM. "Mohon maaf apabila mengganggu aktivitas atau kegiatan di sini," tambahnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Tarbiyah INSTIKA, K. Ubaidillah, mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran rombongan dari Fakultas Ilmu Pendidikan UTM. Menurutnya, kehadiran tim kerja sama dari UTM adalah anugerah dan tidak mengganggu. "Kita bisa mendapatkan manfaat atas kehadiran bapak -ibu ke rumah kami. Saya merasa istimewa," katanya.

Dekan Fakultas Tarbiyah juga mengucapkan selamat datang di INSTIKA kepada rombongan dari UTM. Diharapkannya, bagi-bagi pengalaman dan pengetahuan dalam kerja sama itu bisa mendatangkan banyak manfaat kepada semua pihak.

Menurut Kaprodi PIAUD Fakultas Tarbiyah INSTIKA, Mohammad Afnan, kerja sama ini tidak hanya sekadar formalitas tandatangan tetapi langsung diaplikasikan. Untuk kerja sama yang pertama dan dimulai pada hari ini adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema: "Model Penelitian Pengembangan di Bidang PAUD Berbasis Kearifan Lokal Madura."

"Teman-teman dosen dari PG PAUD FIP UTM berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan dosen dan mahasiswa PIAUD Fakultas Tarbiyah INSTIKA yang berkaitan dengan tema tersebut," katanya.

Mohammad Afnan juga menegaskan bahwa kerja sama itu tidak hanya berhenti pada kegiatan ini. Menurutnya, akan ada kegiatan-kegiatan lain sebagai implementasi dari kerja sama tersebut.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)