Pemantapan Praktik Pembelajaran, Fakultas Tarbiyah Gelar Sosialisasi Teknis PPL II

TARBIYAH Senin, 26 Desember 2022 14:03 WIB
220x ditampilkan Galeri Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Tarbiyah Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep menggelar Sosialisasi Teknis Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan utusan dari berbagai lembaga mitra, Ahad (25/12/2022), di Aula Pertemuan.

Hadir dalam kesempatan ini Dekan Fakultas Tarbiyah, K. Ubaidillah, MA., Wakil Dekan, Dr. Ach. Khatib, M.Pd.I., Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Muhammad Nihwan, M.Pd.I., Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Ahmad Faris, M.Pd.I, Ketua Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Mohammad Afnan, M.Pd.I., dan seluruh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) beserta utusan dari lembaga mitra PPL.

Dekan Fakultas Tarbiyah dalam sambutannya meminta kepada DPL untuk membuat kesepakatan yang jelas dengan lembaga agar tidak terjadi yang tidak diinginkan. DPL juga diminta untuk selalu membimbing mahasiswa dalam hal kedisiplinan dan tata berpakaian yang sesuai dengan kode etik. Memantau secara intens mahasiswa PPL dan mengharap kepada pihak lembaga dan guru pamong benar-benar memberikan bimbingan kepada mahasiswa PPL.

Mohammad Afnan, M.Pd.I., kaprodi PIAUD dan ketua panitia PPL II menyampaikan, PPL II merupakan mata kuliah praktikum lapangan dalam bentuk mengajar secara nyata (real teaching) di sekolah atau madrasah. "PPL II merupakan tindak lanjut dari mata kuliah PPL I (micro teaching) sehingga PPL I menjadi mata kuliah prasyarat untuk mengikuti PPL II," jelas Mohammad Afnan.

Tahun ini, lanjutnya, peserta PPL II sebanyak 313 orang. Dengan rincian, mahasiswa PAI 188 orang, mahasiswa PBA 56 orang, mahasiswa PIAUD 69 orang. "Semua peserta akan diterjunkan di 23 lembaga mitra, mulai dari tingkat RA/TK, MTs/SMP dan MA sederajat," tambahnya.

Pemberangkatan mahasiswa PPL II akan dilaksanakan pada 7 Januari 2023, dan penarikan akan dilaksanakan pada 21 Februari 2023.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)