MAHASISWI INSTIKA MERAIH PENGHARGAAN SANGAT MEMUASKAN DARI LOMBA FOTOGRAFI DI YOGYAKARTA

INSTIKA Sabtu, 17 September 2016 11:05 WIB
1524x ditampilkan Berita

Yogyakarta - Instika- Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Pendidikan dan Kebudayaan RI. mengadakan “Lomba dan Pameran Foto Seni Pertunjukan Indonesia 2016” bertempat di  di Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta, mulai tanggal 10-15 September 2016 yang lalu.

Salah satu mahasiswi Instika, Siti Musdalifah, mengikuti event Lomba Fotografi tersebut, dan karya fotonya yang diikut lombakan masuk sebagai nominator untuk meraih penghargaan dari Kemendikbud.

Menurut Siti Musdalifah, mahasiswi jurusan ES (Ekonomi Syariah), Fakultas Syariah, Instika, lomba fotografi melalui gadget ini diikuti oleh 33 provinsi  di Indonesia. Sekitar kurang lebih 1000 peserta mengikuti event tersebut, yang terbagi dalam dua kategori, yaitu kategori pelajar terdapat 48 orang peserta dengan 189 foto yang masuk, dan kategori umum terdapat 952 orang peserta dengan 3.887 foto yang masuk.

“Dari setiap kategori diambil 23 peserta dengan foto-foto terbaiknya yang dilombakan, sebagai nominator,” lanjutnya.

Dari kedua puluh tiga peserta yang masuk nominator, kemudian diseleksi lagi melalui dua tahap. Tahap pertama, seleksi foto dengan tema yang telah ditentukan. Tahap kedua, hunting di area yang ditentukan oleh pihak panitia guna mengetahui secara langsung kemampuan peserta dalam “mengambil” gambar.

Selanjutnya, dari hasil seleksi tersebut kemudian ditetapkan peraih penghargaan 3 besar dari setiap kategori.

Tim penyeleksi lomba foto terdiri dari fotografer profesional, diantaranya Darwis Triadi, Risman Marah, Lasti Kurnia, Andang Iskandar, dan Edial Rusli.

“Alhamdulillah, dari lomba foto ini  saya meraih medali perak dan piagam penghargaan yang sangat memuaskan bagi saya,” ungkapnya sambil tersenyum.

Foto yang masuk nominator sebanyak 46 foto akan dipajang di Museum Benteng Vredeburg , Yogyakarta, selama lima tahun, dan dipamerkan selama empat hari di event tersebut.

“Karena saya baru belajar, saya tidak pernah membayangkan foto saya akan masuk nominator dalam lomba ini dan akan dipajang sekaligus dimuseumkan selama lima tahun di salah satu museum terkenal di Yogyakarta. Saya akan terus mengasah hobi saya ini,” demikian ungkap mahasiswi semester akhir di Instika ini. (Masykur Arif/LP2D)

 

Keterangan Gambar: Foto yang mendapat penghargaan dipajang di Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta.