MATA KULIAH SAP PENGELOLAAN/MANAJEMEN KELAS

INSTIKA Sabtu, 4 Februari 2017 08:36 WIB
7618x ditampilkan Pengumuman

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

PENGELOLAAN KELAS

 

  1. Pengantar Identitas
  1. Data Pribadi
  1. Nama Dosen                     : ZAITUR RAHEM, M.Pd.I
  2. Alamat Kantor                  : Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (Instika) Guluk-guluk, Fakultas Tarbiyah
  3. Alamat Rumah                  : Desa Payudan Daleman Kec. Guluk-guluk
  4. Telepon                             : 085130371541 (WA)
  5. E-mail                                : zaitur_rahem@yahoo.co.id
  1. Mata Kuliah
  1. Nama Mata Kuliah            : Pengelolaan Kelas
  2. Kode Mata Kuliah                        : -
  3. Komponen                                    : -
  4. Fakultas/Jurusan                : Tarbiyah/PAI dan PBA/Instika Guluk-guluk
  5. Bobot                                : 2 SKS
  6. Semester                            : IV (empat)

 

  1. Proses dan Time Line Perkuliahan
  •  
  •  
  •  

Metode Perkuliahan

  1.  
  •  

KULIAH MOTIVASI:

  1. Ta’aruf-an
  2. Kotrak perkuliahan
  3. Gambaran materi kuliah
  4. Kewajiban Mahasiswa mengikuti perkuliahan
  5. dan struktur metode perkuliahan
  •  
  1.  
  •  

PENGANTAR: KONSEP DASAR PENGELOLAAN KELAS (Melacak Konsep Tarbawi Style Pengeloaan Kelas versi Nabi Muhammad Saw

  1. Tinjauan etimologi, terminologis dan filosofis pengelolaan (manajemen)  kelas
  2. Manfaat Pengelolaan (manajemen) kelas
  3. Melacak tarbawi style Nabi Muhammad Saw dalam Pengelolaan kelas

Seminar dan Diskusi

  1.  

 

PROBLEMA INDIVIDUAL SOSIAL

  1. Memahami Hakikat Penciptaan Manusia sebagai manusia Pendidikan
  2. Manusia sebagai mahluk istimewa dan elegan
  3. Anak sebagai pribadi yang memiliki logos, thumos, dan epitumid versi anak
  4. Mengklasifikasi Problem Sosial Individual Anak dari sudut genealogis, karakter lingkungan, dan geografis

 

Seminar dan Diskusi

  1.  
  •  

PENDEKATAN MANAJERIAL PSIKOLOGIKAL SISTEM (1)

  1. Definisi manajerial psikologikal sistem dan ruang lingkupnya
  2. Problem-problem internal dan ekternal Tenaga Pendidik dan Anak Didik
  3. Tekhnik Inner Control, External Control dan Cooperative Control  melalui Pendekatan Kekuasaan

 

Seminar dan Diskusi

  1.  

 

PENDEKATAN MANAJERIAL PSIKOLOGIKAL SISTEM (2)

  1. Pendekatan Perubahan Tingkah Laku (Behavior Modification Aproach)
  2. Tekhnik Hukuman (Phunisment) dan Penghargaan (Reward)
  3. Tekhnik Trial and Eror untuk penguatan prilaku positif

 

Seminar dan Diskusi

  1.  
  •  

FUNGSI GURU DALAM PENGELOLAAN (MANAJEMEN) KELAS

  1. Artikulasi Guru
  2. Guru dalam al-Quran
  3. Tugas dan posisinya menurut al-Quran
  4. Melacak makna etimologis dan terminologis manajemen (pengelolaan) kelas
  5. Melacak data historis di kalangan ilmuwan luar negeri munculnya konsep manajemen (pengelolaan) kelas

Seminar dan Diskusi

  1.  

 

PENGELOLAAN (MANAJEMEN) KELAS DI INDONESIA

  1. Melacak data historis di muncul dan penggunaan konsep teori manajemen (pengelolaan) kelas di lembaga pendidikan Indonesia
  2. Melihat perkembangan strategi manajemen (pengelolaan) kelas di lembaga pendidikan Indonesia
  3. Guru dan prisip-prinsip dan keterampilan pengelolaan (manajemen) kelas

 

  1.  
  •  

GURU DAN ADMINISTRASI KELAS

  1. Definisi Guru dalam berbagai perspektif
  2. Definisi Adiministrasi Kelas, manfaat administrasi kelas, dan tekhnik pengembangan adiministrasi kelas
  3. Teori Penataan Ruang Kelas Menurut Para Ahli
  4. Fakta empiris kesalahan-kesalahan dalam pengelolaan administari dan organisasi kelas

Seminar dan Diskusi

  1.  

 

UTS

 

  1.  

 

GURU DAN ORGANISASI KELAS

  1. Definisi guru, organisasi kelas, dan evaluasi
  2. Tekhnik evaluasi administrasi dan organisasi kelas
  3. Melacak data historis perbedaan tekhnik evaluasi administrasi dan organiasi kelas di lembaga pendidikan pada masa orde baru, orde lama, reformasi, dan era pembangunan

 

  1.  

 

GURU DAN SUPER VISI KELAS

  1. Pengertaian Super visi kelas secara etimologis, terminologis, dan filosofis
  2. Manfaat Supervisi kelas
  3. Kendala-kendala dalam melakukan super visi kelas
  4. Cara alternatif (pola/tekhnik) mengatasi kendala melakukan super visi kelas

Seminar dan Diskusi

  1.  
  •  

GURU DAN METODE PEMBELAJARAN

  1. Definisi guru, metode pembelajaran (secara etimologis, terminologis, dan filosofis)
  2. Manfaat penggunaan metode dalam pengelolaan (manajemen)
  3. Metode paling efektif tawaran tarbawi style mendisiplinkan kelas (menurut analisa Mahasiswa sendiri, berdasarkan data yang dilacak dalam sejumlah literatur ilmiah)
  4. Metode Pembelajaran Berbasis pengelompokan Siswa: Pola Bekerja Paralel, Pola Bekerja Komplementer, dan Pola Bekerja Campuran Paralel dan Komplementer

Seminar dan Diskusi

  1.  

 

GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN

  1. Pengertian guru, dan media Pembelajaran (secara etimologis, terminologis, dan filosofis)
  2. Manfaat penggunaan media pembelajaran terhadap kondisi dan situasi kelas
  3. Klasifikasi Media Pembelajaran dan Mafaatnya bagi efektifitas kelas

Seminar dan Diskusi

  1.  
  •  

GURU DAN EVALUASI PEMBLAJARAN

  1. Pengertian guru dan evaluasi pembelajaran(secara etimologis, terminologis, dan filosofis)
  2. Manfaat pemberlakukan evaluasi pembelajaran dalam menjaga marwah kondusufitas kelas 
  3. Tekhik evaluasi proses dan hasil Pembelajaran
  4. Idikator hasil Pembelajaran
  5. Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Pembelajaran

Seminar dan Diskusi

 

  1. Evaluasi Perkuliahan
  1. Bentuk Evaluasi

Evaluasi perkuliahan meliputi beberapa komponen berikut:

  1. Ujian Tengah Semester (UTS): MEMBUAT RESENSI BUKU DARI DAFTAR PUSTAKA YANG DITULIS DI LITERATUR  SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP) INI
  2. Ujian Akhir Semester (UAS): REVISI MAKALAH, DAN MENJAWAB SOAL ESAI (AKAN DITENTUKAN PADA AKHIR PERKULIAHAN DAN BERSIFAT TAKE HOME)
  3. Performance
  4. Portofolio tugas

 

  1. Literatur

 

Zaitur Rahem, M.Pd.I, Jejak Intelektual Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2016)

Syaiful Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1996)

Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Rajawali Press, 2011)

Martinis Yamin, Standarisasi Kinerja Guru, (Jakarta: GP Press, 2010)

Made Wena, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)

Gary R. Moririson, dkk., Disigning Effective Instruction

Walter Dick, dkk., The Systematic Disign of Instruction 

Romiszowki, Disigning Instructional System, (New York: Kogan Page Noal Publishing, tt)