Wisuda Tahap 1 2021, 358 Wisudawan Dikukuhkan

INSTIKA Rabu, 27 Oktober 2021 14:52 WIB
155x ditampilkan Galeri Headline Berita

Guluk-Guluk – INSTIKA – 358 wisudawan Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep dikukuhkan, Rabu (27/10/2021). Pengukuhan ini digelar di Aula Asysyarqawi INSTIKA.

Drs. KH. Ah. Syamli, MPdI. menyampaikan bahwa proses pengukuhan peserta wisuda INSTIKA dilaksanakan dua kali. “Untuk yang putra dilaksanakan pada hari ini, sementara yang putri akan dilaksanakan besok, 28 Oktober 2021,” katanya. Dalam sambutannya, rektor INSTIKA ini menyampaikan, pemisahan antara putra dan putri dilandaskan pada nilai-nilai pesantren yang diajarkan muassis dan pengasuh Annuqayah.

Secara keseluruhan, kata rektor, peserta wisuda tahun ini putra dan putri tercatat 778 orang. Dengan rincian: Fakultas Syariah 83 orang, Fakultas Tarbiyah 288 orang, Fakultas Ushuluddin 115 orang, FEBI 245 orang, dan Pascasarjana 47 orang. “Semoga ilmu yang diperoleh berkah dan mendapat ridla dari Allah SWT,” katanya.

Rektor mengucapkan terima kasih kepada kedua orang tua seluruh peserta wisuda yang telah memberikan kepercayaan kepada INSTIKA untuk mendidik putra dan putrinya sehingga bisa meraih gelar sarjana atau magister di INSTIKA.

Kampus Annuqayah, menurut K. Syamli, memang berupaya untuk terus berkembang. Dikabarkannya bahwa saat ini INSTIKA mendapat nilai akreditasi Baik Sekali dari BAN-PT. “Tentu saja, raihan ini tidak membuat INSTIKA berpuas diri, melainkan semakin terdorong untuk mengembangkan diri, dan melakukan berbagai pembenahan,” katanya.

Ada 13 dosen, lanjutnya, yang tahun ini lolos penelitian yang didanai oleh Diktis Kemenag RI. Ada 3 dosen yang saat ini menjadi peserta konferensi internasional AICIS (Annual International Conference on Islamic Studies). Dikabarkannya juga bahwa INSTIKA menjalin kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi termasuk dengan beberapa lembaga, seperti Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) Sumenep dab DPC Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) Madura Raya.

Prestasi mahasiswa juga sangat mengembirakan. Tahun ini, kata rektor,  rombongan mahasiswa INSTIKA meraih juara MTQM (Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa) yang digelar di Universitas Trunojoyo Madura. Meraih juara dalam lomba permainan stocklab yang digelar di IAIN Pamekasan. Demikian juga 3 mahasiswa yang bersaing dengan ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia lolos sebagai peserta Pejuang Muda Kemensos RI.

INSTIKA memang mendorong dan memberikan fasilitas kepada mahasiswa yang ingin mengikuti ajang perlombaan, termasuk juga memberikan beragam beasiswa. “Juga memfasilitasi mahasiswa yang ingin mendapat beasiswa dari pihak luar, seperti dari BAZNAS, pemerintah daerah, dan berbagai lembaga atau institusi yang bekerja sama dengan INSTIKA,” jelas rektor.

Wisuda kali ini dihadiri oleh Wakil Bupati Sumenep Hj. Dewi Khalifah MPd.I. Perempuan yang pernah nyantri di Annuqayah ini, mengatakan, mewakili Bupati Sumenep mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada INSTIKA yang memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan khususnya di Sumenep.

Sementara itu, Wakil Koordinator Kopertais Wilayah IV Jawa Timur, Dr. H. Moh Syaeful Bahar, M.Si., yang juga hadir dalam kesempatan ini mengajak peserta wisuda untuk menyuarakan Islam yang ramah. Sebagai santri, alumni pesantren, katanya , harus mengabdi kepada masyarakat. “Berjuang di media sosial dengan membagikan konten-konten ajaran agama yang ramah,” terangnya.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)