Wisuda Tahap II 2021, 420 Wisudawati Dikukuhkan

INSTIKA Kamis, 28 Oktober 2021 21:09 WIB
133x ditampilkan Galeri Headline Berita

Guluk-Guluk – INSTIKA – Wisuda tahap II Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep, Kamis (28/10/2021) di Aula Asysyarqawi, digelar untuk mengukuhkan peserta wisuda putri yang berjumlah 420 orang.

Sementara, peserta wisuda putra telah dikukuhkan pada hari sebelumnya, yakni Rabu (27/10/2021). 

Rektor Drs. KH. Ah. Syamli, MPdI., mengatakan, pemisahan ini sesuai dengan nilai-nilai pesantren, sebab Kampus Annuqayah berada di bawah naungan pesantren. “Pemisahan wisuda ini sama dengan perkuliahan dan ini juga sesuai dengan ajaran pendiri dan pengasuh pondok pesantren Annuqayah,” katanya.

Secara keseluruhan, lanjut rektor, peserta wisuda tahun ini tercatat 778 orang putra dan putri. Dengan rincian: Fakultas Syariah 83 orang, Fakultas Tarbiyah 288 orang, Fakultas Ushuluddin 115 orang, FEBI 245 orang, dan Pascasarjana 47 orang. “Peserta terbanyak adalah dari fakultas Tarbiyah,” ungkapnya.

Rektor mengucapkan terima kasih kepada kedua orang tua seluruh peserta wisuda yang telah memberikan kepercayaan kepada INSTIKA untuk mendidik putra dan putrinya sehingga meraih gelar sarjana atau magister di INSTIKA. 

“Semoga ilmu yang diperoleh berkah dan mendapatkan ridla dari Allah SWT., sehingga apa yang dicita-citakan segera tercapai, baik yang ingin melanjutkan studi, melamar pekerjaan, merintis usaha, melakukan pengabdian, agar dimudahkan,” katanya.

Kiai Syamli, sebagaimana pada wisuda tahap pertama, menyampaikan perkembangan kampus INSTIKA yang kian hari kian maju. Prestasi dosen dan mahasiswa, baik tingkat nasional maupun internasional yang selalu membanggakan terus diraih, hingga INSTIKA yang membangun kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi dan berbagai institusi, baik swasta maupun lembaga pemerintahan. “Tentu saja, raihan ini tidak membuat INSTIKA berpuas diri, melainkan semakin terdorong untuk mengembangkan diri, dan melakukan berbagai pembenahan,” katanya.

Setelah sambutan rektor, Staf Khusus Wakil Presiden, Dr. RP. Zainal Abidin Amir, MA., yang hadir diminta memberikan motivasi kepada peserta wisuda. 

Sebagai alumni kampus yang berada di bawah naungan pondok pesantren Annuqayah, katanya, harus dan wajib berperan serta dalam menggerakkan Nahdlatul Ulama’. “Karena pesantren Annuqayah menjadi pusat gerakan Nahdlatul Ulama’,” katanya.

Dr Zainal juga meminta peserta wisuda alumni pesantren untuk ikut menyebarkan Islam yang ramah karena ada sekelompok orang yang menafsirkan Islam untuk membenarkan radikalisme dan terorisme. "Ini menjadi tugas bagi kita yang kuliah di pesantren untuk menyebarkan Islam yang sanadnya sampai pada Rasulullah, yakni Islam yang diajarkan di pesantren," ujarnya. Menurutnya, Islam yang diajarkan di pesantren adalah Islam tawasuth atau Islam yang moderat. 

Dr Zainal juga menyarankan agar peserta wisuda tetap membangun networking dengan para gurunya atau pengasuh pondok pesatren tempatnya belajar serta dengan para dosennya. Sebab, katanya, barokah dan khasiat para pengasuh akan terus mengalir apabila tetap menjalin hubungan dengan mereka. 

Kepada peserta wisuda yang akan berbisnis, stafsus wakil presiden ini menyarankan agar berbisnis yang berbasis halal. Sebab, katanya, pemerintah sedang mengalakkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berbasis halal. Bahkan wakil presiden langsung yang akan menjadi penggagas dan implementator UMKM yang berbasis halal itu. 

Di akhir penyampaiannya, Dr Zainal mengungkapkan kebanggaannya bisa hadir ke Kampus Annuqayah karena kampus Annuqayah menjadi kiblat ilmu-ilmu keislaman di Madura.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)