MoA dengan Kepala-kepala Desa, FEBI Ingin Jalankan Program MBKM ke Desa

FEBI Rabu, 8 Desember 2021 14:30 WIB
163x ditampilkan Galeri Headline Berita

Bangkalan  – INSTIKA – Wakil dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep, H. M. Tajus Subqi, SE., MM., Senin (6/12/2021) di Universitas Trunojoyo Madura (UTM) melakukan penandatanganan nota perjanjian kerja sama MoA (Memorandum of Agreement) dengan kepala-kepala desa di empat kabupaten di Madura.

“Ada sekitar 100 kepala desa dari empat kabupaten di Madura yang melakukan tanda tangan kerja sama dengan kami,” kata Tajus Subqi. Tujuan kerja sama ini, lanjutnya, adalah untuk mendorong pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan untuk membangun kawasan ekonomi syariah di desa.

Melalui program MBKM, tambahnya, mahasiswa diberi kebebasan untuk memilih tempat belajar dalam beberapa SKS, salah satunya bisa terjun langsung ke masyarakat atau belajar ke desa-desa. “Karena kampus INSTIKA adalah kampus yang berada di desa, sehingga sangat diperlukan dalam pelaksanaan program MBKM belajar langsung ke desa, melalui kerja sama dengan kepala desa,” katanya.

Selain itu, kerja sama dengan kepala desa juga untuk mewujudkan program pemerintah yang menginginkan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah. “Penting kiranya untuk juga memperluas jangkauan pembangunan ekonomi syariah hingga ke desa-desa, sehingga produk lokal bisa menasional bahkan internasional,” terang Tajus Subqi.

Karena itu, lanjutnya, melalui kerja sama dengan kepala-kepala desa tersebut, diharapkan program MBKM dan pembangunan ekonomi syariah yang digagas FEBI bisa menyentuh langsung ke masyarakat.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)