Pembukaan Rakernas APAISI 2021, Rektor: Selamat Datang di Kampus Annuqayah

INSTIKA Senin, 13 Desember 2021 19:39 WIB
190x ditampilkan Galeri Headline Berita

Sumenep - INSTIKA - Asosiasi Pascasarjana Agama Islam Swasta Indonesia (APAISI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Seminar Nasional bekerja sama dengan Program Pascasarjana Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep.

Acara pembukaan Rakernas dilaksanakan di Pendopo Sumenep, Senin (13/12/2021) sore. Sekitar 30 peserta dari Pascasarjana seluruh Indonesia hadir ke kegiatan ini. "Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Sumenep yang menyediakan tempat Pendopo untuk ditempati Rakernas," kata ketua panitia Dr. Moh. Asy’ari Muthhar, M.Fil.I.

Wakil Direktur Pascasarjana INSTIKA itu juga mengucapkan terima kasih kepada APAISI karena memberikan kepercayaan kepada INSTIKA untuk menjadi tuan rumah. "Terima kasih juga kepada pimpinan INSTIKA yang telah bersedia memberikan fasilitas dan kepercayaan kepada Pascasarjana INSTIKA untuk melaksanakan kegiatan ini," ujarnya.

Sementara itu, Ketua APAISI, Prof. Dr. Masykuri Bakri, M.SI., menjelaskan bahwa APAISI merupakan wadah yang sangat strategis untuk meningkatkan mutu pendidikan. "Dengan pertemuan seperti ini, masalah-masalah APAISI bisa terurai sedikit demi sedikit," katanya. Ditambahkan pula, segala persoalan di perguruan tinggi masing-masing dapat dicarikan solusi.

Karena, menurutnya, kebijakan pemerintah untuk kemajuan pendidikan dan revolusi industri 4.0 menuntut perguruan tinggi benar-benar bisa menyesuaikan diri dan semakin maju. "APAISI ini adalah salah satu media untuk maju," tambahnya.

Meski sudah dua tahun tidak ada pertemuan karena pandemi, dikatakan oleh Prof Masykuri, APAISI tetap aktif. Karena setiap ketemu dengan para pejabat pemerintah, APAISI terus diceritakannya.

Setelah sambutan ketua APAISI, Rektor INSTIKA, Drs. KH. Ah. Syamli, MPdI., memberikan sambutan dan secara resmi membuka Rakernas APAISI.

"Selamat datang di Sumenep," kata Kiai Syamli panggilan akrab rektor INSTIKA. "Selamat datang di Kampus Annuqayah," katanya lagi. Diharapkannya, peserta yang melaksanakan Raker di Pendopo Sumenep keesokan harinya dapat hadir semua ke acara seminar yang ditempatkan di Aula Assyarqawi INSTIKA.

"Semoga bapak ibu bisa menghadiri kampus kami yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Annuqayah," katanya.

Rektor juga menyampaikan terima kasih kepada APAISI yang telah memberikan kepercayaan kepada INSTIKA untuk menjadi tuan rumah.

Acara pembukaan diakhiri dengan pemberian buku karya ketua APAISI, Prof. Dr. Masykuri Bakri, MSI., dan kenang-kenangan dari INSTIKA kepada APAISI serta foto bersama.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)