Gelar Silaturahmi, Pimpinan Minta Tingkatkan Kualitas Dosen dan Karyawan

INSTIKA Kamis, 24 Februari 2022 14:12 WIB
135x ditampilkan Galeri Headline Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Menyambut perkuliahan semester genap tahun akademik 2021/2022, Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep menggelar Silaturahmi Pimpinan, Dosen dan Karyawan, Kamis (24/02/2022) di Ruang Pertemuan sekaligus secara daring.

Rektor, Drs. KH. Ah. Syamli, M.Pd.I., menyampaikan dalam sambutannya bahwa silaturahmi antara pimpinan, dosen dan karyawan INSTIKA merupakan tradisi di awal semester. "Sehingga diharapkan ke depan bisa menjalankan kewajiban dan tugas yang diamanatkan kepada kita dengan baik," katanya.

Kiai Syamli, panggilan akrab rektor INSTIKA, juga mengatakan bahwa Raker yang baru dilaksanakan mengedepankan program kerja pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia), salah satunya pengembangan kualitas dosen. Sehubungan dengan ini, lanjutnya, akan digelar berbagai kegiatan sebagai peningkatan kualitas dosen. "Seperti workshop metodologi penelitian, workshop pengabdian kepada masyarakat, workshop penulisan artikel jurnal, workshop pembuatan jurnal program studi, dan seterusnya," ujarnya.

Kiai Syamli menegaskan, kualitas perguruan tinggi tergantung pada kualitas dosennya. Sementara, kualitas dosen tergantung pada produktivitas karya ilmiahnya. Dari sini, Kiai Syamli meminta para dosen untuk semakin produktif dalam menghasilkan karya ilmiah.

Rektor juga mengingatkan, dalam perkuliahan, dosen tidak saja diharapkan mentransfer ilmu pengetahuan, melainkan juga menanamkan nilai-nilai kepesantrenan. Sehingga, diharapkannya, mahasiswa tidak hanya berkualitas secara intelektual, tetapi juga berkualitas secara akhlak. "Kita harus memberikan contoh yang baik kepada mahasiswa kita," jelas rektor.

Dalam memberikan pelayanan, rektor meminta kepada karyawan agar memberikan pelayanan yang baik. "Kita sebagai abdi masyarakat. Kita sebagai konpakonah pengasuh. Kita harus bisa melayani dengan baik. Jangan berlagak sebagai bos atau pejabat yang kadang seperti mempersulit mahasiswa atau orang yang kita layani," terang rektor.

Sementara itu, wakil rektor 1, Dr. H. Damanhuri, M.Ag., menyampaikan bahwa durasi Tatap Muka perkuliahan di semester genap ini akan kembali seperti periode pra-pendemik. Perkuliahan akan dimulai tanggal 26 Februari 2022. UTS, 16 hingga 20 April 2022. Akhir perkuliahan 30 Juni 2022. Dan UAS, 02 hingga 06 Juli 2022.

Wakil rektor 1 mengajak para dosen untuk disiplin, terukur, dan profesional. "Dengan kedisiplinan, keterukuran dan profesionalitas, insyaallah semester ini bisa lebih baik dan memberi banyak manfaat," jelasnya.

Selanjutnya, wakil rektor 2, KH. Mohammad Hosnan, M.Pd., menyampaikan bahwa sarana dan prasarana di lingkungan INSTIKA sudah siap menyambut perkuliahan semester genap. Sebagai wakil rektor yang mengurusi bidang keuangan, administrasi umum dan ketenagaan atau SDM, Kiai Hosnan mengajak dosen untuk terus meningkatkan karirnya. Selain itu, meminta para dosen, khususnya dosen muda, untuk bersedia melanjutkan pendidikannya ke program doktor.

Sebagaimana rektor, Kiai Hosnan juga mengajak karyawan dan dosen untuk memberikan pelayanan dengan baik dan santun. Sangat diharapkan olehnya adanya komunikasi yang setara dan saling menghormati antara dosen dan karyawan. "Mari kita bangun komunikasi interpersonal secara setara," terangnya.

Sementara itu, wakil rektor 3, M. Mushthafa, MA., yang hadir secara daring, sangat mengharapkan dukungan dari dosen, seperti dalam masalah pengembangan bakat dan minat mahasiswa. "Sangat diharapkan dampingan dan bimbingannya, seperti ketika mahasiswa akan ikut lomba," katanya.

Selain itu, Kiai Mushthafa mengatakan, dirinya sangat senang apabila dosen bisa melibatkan mahasiswa dalam kerja-kerja penelitian dan publikasi ilmiah.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)