Esai Tafsir Sufistik Mahasiswa INSTIKA Juara 1

INSTIKA Rabu, 2 Maret 2022 16:10 WIB
268x ditampilkan Galeri Headline Berita

Surabaya - INSTIKA - Lusiyana, mahasiswi Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep meraih juara 1 pada Lomba Esai Nasional dalam rangka Festival Tafsir 2022 Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Al Qur'an dan Tafsir STAI Al Fithrah Surabaya.

Esai yang ditulis Lusiyana dan meraih juara 1 itu berjudul, "Membingkai Jarak Pada Makna Simbolik-Metaforis Al-Qur'an: Jejak Singgasana Tafsir Sufistik di Indonesia". Pengumuman pemenang diumumkan melalui media sosial Instagram STAI Al Fithrah, Selasa (1/3/2022).

Meski Lusiyana adalah mahasiswi prodi Tasawuf dan Psikoterapi (TP), ia tidak merasa salah jurusan untuk mengikuti Lomba Esai yang digelar oleh prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IAT/IQT). Sebab, tema lomba esai yang diangkat secara spesifik berkaitan dengan tafsir sufistik. "Di prodi Tasawuf dan Psikoterapi ada materi Tafsir Sufi yang sudah saya ambil. Jadi, sangat nyambung dengan tema lomba itu," katanya.

Dengan meraih juara itu, Lusiyana merasa tidak sia-sia mempelajari Tafsir Sufistik. "Karena saya meyakini apa yang terjadi pada saya kemarin adalah bekal untuk hari esok," terangnya. Lusiyana pun bersyukur dan berharap kemenangan itu dapat mendorongnya untuk terus belajar dan menulis.

Ketua Prodi TP Fakultas Ushuluddin INSTIKA, Nuzulul Khair, SPsi MA., mengucapkan selamat dan sukses kepada Lusiyana. "Semoga dapat menginspirasi mahasiswa yang lain untuk juga mengukir prestasi dan mengharumkan almamater INSTIKA," katanya.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)