Ruang Diskusi HMP PAI Bahas Pendidikan Perspektif Gus Dur

INSTIKA Selasa, 15 Maret 2022 19:07 WIB
95x ditampilkan Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep menggelar diskusi, dengan mengusung tema "Pendidikan  Perspektif Gus Dur" di Kafe In INSTIKA, Senin (14/03/2022).

Acara tersebut digelar guna mengisi Ruang Diskusi yang dibentuk HMP PAI. Ruang Diskusi yang didirikan khusus untuk seluruh mahasiswa prodi PAI semua semester ini bertujuan mengasah kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan pendapat, ide dan pemikiran. Kali ini Ruang Diskusi menghadirkan pemantik staf kemahasiswaan INSTIKA, Ahmad Sanusi.

Sanusi banyak menjelaskan tentang konsep dan gagasan K.H Abdurrahman Wahid (Gus Dur) mengenai pembaruan pesantren. Mulai dari visi, misi dan tujuannya harus disesuaikan dengan perkembangan zaman di era globalisasi serta mempertahankan identitas pesantren sebagai penjaga tradisi keilmuan klasik.

Staf kemahasiswaan Instika ini mengatakan; "Pendidikan islam dalam perspektif Gus Dur merupakan sebuah kombinasi antara pemikiran pendidikan Islam tradisional dan pemikiran Islam yang diadopsi oleh pemikiran barat modern sehingga mampu melahirkan sistem pendidikan dalam konsep pembaruan, sesuai dengan tuntutan zaman."

"Tujuan pendidikan untuk memanusiakan manusia merupakan hal yang mutlak adanya. Pendidikan dalam Islam merupakan sebuah rangkaian proses pemberdayaan manusia menuju pendewasaan. Dengan demikian tujuan akhir pendidikan Islam adalah sebagai proses pembentukan diri peserta didik agar sesuai dengan fitrah keberadaannya." Tambahnya.

Sementara itu, berkenaan dengan Ruang Diskusi, Salman, selaku ketua HMP-PAI mengatakan, "Ini hanya awal, untuk selanjutnya Ruang Diskusi akan dirutinkan secara masif setiap setengah bulan sekali dengan pemantik yang berbeda," katanya kepada tim pers HMP-PAI.

Penulis: Zainul Muqarrabin (Tim Pers HMP PAI)