LP2M INSTIKA Kembangkan Jurnal Program Studi

INSTIKA Senin, 18 April 2022 15:09 WIB
102x ditampilkan Galeri Headline Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Untuk memotivasi dan meningkatkan mutu penelitian dan publikasi ilmiah, khususnya dalam pengelolaan Jurnal Program Studi, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep, Ahad-Senin (17-18/4/2022) menggelar Workshop Pengelolaan Jurnal Program Studi di Ruang Pertemuan Pascasarjana 2.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pengelola jurnal pada masing-masing program studi di lingkungan INSTIKA. "Ada 6 Jurnal Prodi yang sedang dirintis dan diharapkan akan segera terbit di tahun ini," kata Mohammad Takdir, M.Hum., sekretaris LP2M INSTIKA.

Keenam jurnal program studi itu adalah: (1) Qanun: Jurnal Studi Hukum Islam. Jurnal yang diterbitkan Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) dan Hukum Keluarga Islam (HKI) Fakultas Syariah ini terbit enam bulanan (Juni dan Desember) berisi tentang kajian-kajian Hukum Keislaman.

(2) Annizhamiyah: Jurnal Pendidikan Islam. Jurnal yang diterbitkan Fakultas Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) ini juga terbit dua kali dalam setahun, yakni pada Juli dan Desember.

(3) JSQT: Jurnal Studi Qur'an dan Tafsir ini merupakan jurnal yang diterbitkan Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (IQT) Fakultas Ushuluddin. Terbit setiap bulan Juni dan Desember. JSQT difokuskan untuk kajian-kajian al-Quran dan Tafsir klasik dan kontemporer.

(4) Living Sufism: Journal of Sufism and Psychotherapy. Jurnal yang diterbitkan Prodi Tasawuf dan Psikoterapi (TP) Fakultas Ushuluddin ini juga terbit dua kali dalam setahun: Juni dan Desember. Artikel yang akan diterbitkan berkaitan dengan kajian tasawuf seperti tasawuf perspektif klasik dan kontemporer, studi praktik tarekat, mistisisme dalam Islam, spiritualitas, psikologi Islam, psikoterapi sufistik, serta studi sosial tentang tasawuf (living sufism).

(5) Alkasb: Journal of Islamic Economics. Jurnal yang menerbitkan hasil riset Prodi Ekonomi Syariah (ES) dan Perbankan Syariah (PS) ini diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

(6) JSP: Jurnal Studi Pesantren. Jurnal yang diterbitkan Program Pascasarjana INSTIKA ini juga terbit dua kali dalam setahun: Maret dan September. Artikel yang diterima dan diterbitkan berkaitan dengan tema seperti epistemologi pesantren, studi naskah pesantren, metodologi kajian kepesantrenan, khazanah kelimuan pesantren, tradisi pesantren, dan sejenisnya.

Diharapkan pengelola keenam jurnal prodi tersebut setelah mengikuti workshop memiliki pengetahuan dan wawasan mengenai alur penerbitan jurnal sesuai standar yang ditetapkan badan akreditasi di bidang jurnal.

Materi dalam kegiatan itu disampaikan langsung oleh pihak LP2M INSTIKA, yakni Paisun, M.Pd. (Kepala LP2M) dan Mohammad Takdir, M.Hum (Sekretaris LP2M).

Paisun menyampaikan materi pengelolaan jurnal yang berkaitan dengan hal-hal teknis, seperti cara pengisian menu di website jurnal, cara mengelola naskah yang masuk, cara mengisi tampilan jurnal yang serasi dan bagus sesuai dengan karakter masing-masing jurnal. "Kalau tampilannya sudah bagus dan menu-menu di jurnal sudah terisi semua, maka langkah selanjutnya kita dapat mengajukan ISSN ke LIPI," katanya.

Sementara itu, Mohammad Takdir menyampaikan materi yang terkait dengan substansi pengelolaan jurnal dan bagaimana pengelola jurnal bisa memahami pedoman penilaian akreditasi jurnal sehingga bisa terakreditasi. Mohammad Takdir juga menyampaikan aspek penamaan jurnal yang harus spesifik pada bidang keilmuan program studi, proses review yang ketat dan direview oleh pakar di bidang yang sesuai, penyuntingan naskah yang berkualitas, serta penerbitan secara berkala dan konsisten.

"Jurnal harus dikelola dengan baik karena akan menjadi salah satu indikator kemajuan perguruan tinggi. Jika jurnal yang dikelola kampus berkualitas dan bereputasi, maka secara otomatis akan melambungkan reputasi perguruan tinggi itu bukan hanya di level nasional, tapi juga global," jelas Mohammad Takdir.

Workshop Pengelolaan Jurnal Program Studi ini mendapat apresiasi dari pimpinan INSTIKA. "Saya senang workshop ini bisa dilaksanakan, karena bisa membangkitkan literasi akademik dosen dan agar semangat bukan hanya pada saat menyampaikan kuliah, tapi juga dalam bidang penelitian dan publikasi," kata Wakil Rektor I, Dr. H. Damanhuri, M.Ag.

Hal senada juga disampaikan Wakil Rektor II, KH. Mohammad Hosnan, M.Pd. "Saya sangat menyambut baik kegiatan workshop yang dilaksnakaan oleh LP2M ini sebagai tonggak utama dalam kemajuan kampus di bidang publikasi ilmiah," katanya.

Setelah kegiatan ini, LP2M mengharapkan keenam jurnal yang dikelola program studi tersebut dapat terbit di tahun ini.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)