HMP PIAUD INSTIKA Bagi-Bagi Tips Mendapatkan Sertifikasi Guru PAUD

INSTIKA Jumat, 1 Juli 2022 08:45 WIB
169x ditampilkan Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - "Untuk mendapatkan sertifikasi guru PAUD bisa di katakan mudah bisa juga tidak semudah yang kita kira. Karena kita harus melewati beberapa proses PPG (Pendidikan Profesi Guru), seleksi akademik, dan setelah itu Pretest PPG, PPG Daljab (Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan), juga uji kompetensi, dan terakhir Sergur".

Penegasan ini disampaikan langsung oleh Hasanah S.Pd., M.Pd. saat mengisi kegiatan rutin PIAUD dengan tajuk ‘Tips Lulus Sertifikasi Guru PAUD’ yang diselenggarakan oleh pengurus Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep, Kamis (30/06/2022) di Ruang Laboratorium PIAUD setempat.
 
Menurut penyaji yang alumni PIAUD INSTIKA ini, ada beberapa cara agar bisa lulus Pretest PPG PAUD, yaitu doa yang tulus, niat yang jernih dan optimis selalu dikedepankan, juga selalu mengupdate informasi tentang PPG PAUD baik di internet maupun simpatika//dapodik, mempersiapkan diri dengan mempelajari analisa kisi-kisi seperti memahami kata kunci dalam semua pertanyaan, memperhatikan pengerjaan soal, mahir teknologi informasi dan komunikasi juga penting diperhatikan, dan terakhir datang lebih awal.

"Seleksi akademik sesuai dengan linearitas ijazah S1, jika masih belum lulus S1 PAUD maka ia tidak akan lulus sertifikasi guru PAUD ", katanya.

Penyaji yang juga menjadi pengurus Ikatan Alumni Annuqayah kecamatan Ganding ini juga menjelaskan agar bisa lulus uji kompetensi, pertama ia harus mampu memahami kisi-kisi soal UK (Uji Kompetensi) lalu memetakan materi dari kisi-kisi soal, manajemen waktu ( setiap waktu harus terkontrol), 120 soal harus dikerjakan dalam 150 menit.

"Mengerjakan soal secara berurutan, dan pastikan dalam setiap soal untuk ditandai apa masih ragu-ragu atau tidak, kemudian sisakan waktu sekitar 15 menit sebelum ujian berakhir, dan terakhir soal harus terjawab semua" sambung Hasanah

Sebelum berakhir, Hasanah mengajak seluruh mahasiswi PIAUD INSTIKA untuk bernyanyi salah satu lagu PAUD  yang telah diajarkannya, bertema 'buka tutup' kemudian meminta untuk diaplikasikan di berbagai lembaga masing-masing tempat mahasiswi nanti akan mengajar.

Penulis: Husnol Khotimah (Pengurus HMP PIAUD)