Prodi TP Gelar Coaching Clinic Penulisan Artikel Jurnal Berbasis Laporan Penelitian Skripsi

USHULUDDIN Selasa, 5 Juli 2022 15:34 WIB
181x ditampilkan Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Pengetahuan mengenai metode penulisan artikel berbasis laporan penelitian skripsi dan cara submit ke jurnal sangat dibutuhkan mahasiswa. Pasalnya, mahasiswa juga dituntut dapat menghasilkan luaran berupa artikel jurnal.

Sehubungan dengan ini, Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi (TP) Fakultas Ushuluddin Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep, Senin (4/7/2022), menyelenggarakan Coaching Clinic Penulisan Artikel Jurnal Berbasis Laporan Penelitian Skripsi.

"Kegiatan ini melibatkan 12 peserta, yang terdiri dari 3 mahasiswa dan 10 mahasiswi. Peserta merupakan mahasiswa tingkat akhir yang sedang proses menyelesaikan skripsi. Peserta ini dipilih berdasarkan rekomendasi dari pembimbing masing-masing. Dan, kegiatan dilaksanakan di ruang kuliah," kata Kaprodi TP Nuzulul Khair, S.Psi., M.A.

Coach yang dihadirkan adalah dosen tetap TP sendiri sekaligus sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) INSTIKA, Mohammad Takdir, M.Hum.

Menurut Kaprodi TP, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi ilmiah mahasiswa, khususnya berupa artikel jurnal.

"Dengan ini diharapkan para mahasiswa bisa mendapatkan bekal dan gambaran tentang penulisan jurnal mulai dari langkah-langkah menulis dan menerbitkan ke jurnal," tambahnya.

Ainur Rahman, salah satu peserta dalam kegiatan ini mengatakan, dirinya sangat terbantu dalam memahami teknik penulisan Jurnal berbasis laporan skripsi setelah mengikuti kegiatan tersebut. "Saya memang sangat menginginkan laporan tugas akhir saya bisa menjadi artikel jurnal, tetapi bingung mengenai langkah-langkahnya. Alhamdulillah, setelah mengikuti kegiatan Coaching Clinic Penulisan Jurnal saya menjadi paham dan tambah semangat untuk melakukan penelitian dan menuliskannya dalam bentuk artikel jurnal," katanya.

Ainur Rahman menyarankan dan mengharapkan kepada pihak fakultas agar semua teman-temannya bisa ikut dalam pelatihan ini. "Semoga ke depan, semua teman-teman mahasiswa TP bisa mengikuti pelatihan semacam ini. Sungguh sangat bermanfaat," ujarnya.

Mengenai peserta kegiatan ini, kaprodi TP memberikan konfirmasi bahwa kegiatan ini merupakan yang kali pertama untuk prodi TP, sehingga, menurutnya, kegiatan ini menjadi langkah awal untuk mengukur semangat mahasiwa yang mengikuti kegiatan ini untuk menghasilkan artikel jurnal.

"Untuk yang pertama ini kami sengaja membatasi pada mahasiswa yang dianggap oleh dosen pembimbing skripsi mampu dan akan serius mengikuti pelatihan penulisan jurnal berbasis laporan skripsi. Jika ini berhasil, tentu tahun depan semua mahasiswa diharapkan bisa ikut kegiatan ini, sehingga semuanya bisa menghasilkan artikel jurnal," pungkasnya.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)