Pelepasan Peserta KKN Putri INSTIKA 2022 Diisi dengan Tausiah Pengasuh

INSTIKA Senin, 25 Juli 2022 14:25 WIB
128x ditampilkan Galeri Headline Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Tercatat 366 peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Integratif 2022 putri Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep diberangkatkan ke lokasi KKN, Senin (25/07/2022), pagi. Peserta KKN putri ini ditempatkan di empat kecamatan, yaitu Kecamatan Lenteng, Ganding, Pragaan, dan Guluk-Guluk.

Kiai Halimi Ishomuddin, sebagai salah satu pengasuh Pondok Pesantren Annuqayah, hadir memberikan tausiah pada Pelepasan yang dilaksanakan di halaman rektorat INSTIKA. Dalam sambutannya, Kiai Halimi menyampaikan bahwa KKN merupakan tantangan bagi mahasiswa dalam belajar langsung kepada masyarakat.

Di samping itu, lanjut Kiai Halimi, mahasiswa juga menjadi duta akademik bagi INSTIKA dan Pondok Pesantren Annuqayah dalam mengamalkan akhlak santri yang sesuai dengan tradisi pesantren. “Sebagai mahasiswa santri, peserta KKN wajib menjaga akhlak dan nama baik almamater INSTIKA dan Pondok Pesantren Annuqayah,” terang Kiai Halimi.

Kiai Halimi juga mengingatkan bahwa mahasiswa adalah orang-orang yang berilmu, sehingga selama melaksanakan KKN, mahasiswa jangan sampai mengotori dirinya yang berilmu dengan hal-hal yang dapat merusak ilmu.

Sementara itu, Wakil Rektor III Kiai M. Mushthafa, M.A., dalam sambutannya menekankan kepada peserta KKN agar bekerjasama dengan tokoh-tokoh agama di desa dan termasuk dengan badan-badan otonom (Banom) NU.

Di masyarakat saat ini banyak perguruan tinggi lain yang juga melaksanakan KKN, Kiai Mushthafa mengimbau kepada mahasiswa agar bisa berkolaborasi dengan mahasiswa lain dalam melaksanakan kegiatan KKN. Selain itu, Kiai Mushthafa meminta kepada peserta KKN untuk bersungguh-sungguh dalam melaksanakan program KKN.  

Selain memberikan sambutan, wakil rektor III juga secara resmi melepas peserta KKN Integratif 2022 putri yang secara simbolik ditandai pemakaian jas almamater KKN dan pelepasan balon yang bertuliskan KKN INSTIKA 2022. “Dengan ucapan bismillahirrahmanirrahim, saya melepas mahasiswa KKN INSTIKA tahun 2022,” ujar Kiai Mushthafa.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)