Sederhana, Bermotor ke Tempat Ujian, Wakil Dekan FEBI Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cum Laude

INSTIKA Sabtu, 13 Agustus 2022 05:52 WIB
222x ditampilkan Galeri Headline Berita

Surabaya - INSTIKA - Ujian Terbuka Program Doktor Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya itu akan dimulai pukul 13:30 WIB, Jumat (12/08/2022). Peserta ujian, Tajus Subqi, hadir ke lokasi ujian sekitar pukul 13:10 WIB. Uniknya, Tajus Subqi dari rumahnya di Pamekasan ke tempat ujian (UINSA Surabaya) mengendarai sepeda motor.

"Saya memilih naik sepeda motor dari rumah ke UINSA agar tidak telat mengikuti ujian," katanya memberikan jawaban ketika ditanyakan mengapa naik sepeda motor. Pasalnya, tidak seperti peserta ujian promosi doktor pada umumnya, yang biasanya mengendarai mobil bersama keluarga dari rumah ke tempat ujian.

Meski punya mobil pribadi, baginya, bersepeda motor tetap lebih nyaman dan sederhana. Rupanya, hal ini memang sudah terbiasa dilakukannya selama mengikuti perkuliahan. Hingga ia mengikuti ujian promosi doktor pun tetap mengendarai sepeda motornya.

"Alhamdulillah, tubuh saya masih diberi kemampuan untuk naik sepeda motor sejauh 122 km., baik ketika kuliah atau pun sekarang ketika mengikuti ujian promosi doktor," katanya.

Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep ini menulis disertasi berjudul: "Pengaruh Ownership Structure, Capital Structure, Profitability, Corporate Growth, Corporate Governance, Earning Management, dan Market Risk terhadap Corporate Value Melalui Kebijakan Dividen dan Keputusan Investasi di Pasar Modal Syariah Indonesia."

Ia sukses mempertahankan hasil penelitian disertasinya itu di hadapan para penguji. Selain itu, ia juga menyelesaikan kuliahnya tepat waktu. Sidang ujian terbuka yang dipimpin Prof. H. Masdar Hilmy, S.Ag., M.A., Ph.D., akhirnya memutuskan, Tajus Subqi meraih gelar doktor di bidang Islamic Capital Market dengan predikat Pujian atau Cum Laude.

Di UINSA, Tajus Subqi menjadi doktor ke-810, sementara di tempatnya mengabdi, yakni di INSTIKA, ia tercatat sebagai doktor ke-19.

Hadir mengikuti ujian promosi doktor tersebut, Rektor IST Annuqayah Dr. K.H. Mohammad Hosnan, M.Pd., Wakil Rektor I INSTIKA Dr. H. Damanhuri, M.Ag., Dekan FEBI Dr. K. Ahmad Majdi Tsabit, S.EI., M.M.

Rektor, Drs. K.H. Ah. Syamli, M.Pd.I., dan seluruh civitas academica INSTIKA mengucapkan selamat dan sukses kepada Wakil Dekan FEBI, Dr. H. M. Tajus Subqi, S.E., M.M., atas keberhasilannya meraih gelar doktor bidang Islamic Capital Market sub bidang keahlian Corporate Value.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)