Literasi Jadi Target Ordik 22

INSTIKA Ahad, 21 Agustus 2022 12:16 WIB
761x ditampilkan Berita

Guluk-Guluk – INSTIKA - Pengurus Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut (Dema-I), Selasa (16/08/2022), Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep menggelar rapat guna menindaklanjuti persiapan kegiatan Orientasi Pendidikan Kampus (Ordik ’22). Rapat yang dimulai pukul 09:00 WIB itu dihadiri oleh seluruh pengurus Dema-I, Sema-I, dan dua orang dari pihak kampus. Rapat kedua, yang bertempat di kantor Dema, dimulai dengan agenda utama yaitu pemilihan ketua panitia. Bahkan tanpa memilih nama-nama calon, seluruh peserta rapat menyepakati secara terbuka bahwa Moh. Unis sebagai ketua panitia Ordik 22 dan Moh. Darwis menjadi sekretaris.

M. Mufid Al-Barazi selaku Presiden Mahasiswa menyampaikan bahwa dua orang tersebut merupakan panitia Ordik di tahun 2021 kemarin. Selain itu, pengalaman di dunia organisasi dan manajeman kegiatan sudah tidak dapat diragukan lagi. “Keduanya merupakan aktivis Organisasi Daerah (Orda) Ikstida yang berada di Lubangsa, dan saat ini sudah sama-sama jadi senior. Saya yakin mereka pengalaman,” ungkap santri yang berdomisili di PP. Annuqayah daerah Lubangsa ini.

Usai pemilihan dan formatur personalia kepanitiaan, seluruh peserta rapat kemudian memusyawarahkan rencana konsep kegiatan Ordik 22. Akhirnya, diputuskan bahwa Ordik tahun ini dipastikan berbeda dengan tahun 2020 dan 2021 lalu. Pasalnya, konsep kegiatan dua tahun itu disesuaikan dengan kondisi covid. “Tahun ini, karena covid sudah tidak ada, bagus jikalau kegiatannya dikembalikan seperti semula,” tutur Rosidi Bahri selaku Kabag. Kemahasiswaan INSTIKA.

Adapun terkait konsep kegiatan, M. Mufid Albarazi sebagai Ketua Dema-I menambahkan, pelaksanaan Ordik tahun ini akan dikonsep baru yang pastinya cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, mulai dari bentuk, materi, sampai pada penambahan waktu pelaksanaan. “Hal ini memang sesuai dengan arahan Kabag. Kemahasiswaan kepada kami (pengurus Dema-I),” ucap santri yang berasal dari Batang-Batang tersebut.

Moh. Unis sebagai ketua panitia menambahkan, pra Ordik ’22 ini dijadwalkan pada 8 September 2022. Lalu, hari pelaksanaannya dimulai pada tanggal 10 sampai 14 September 2022. Adapun materi tambahan yang dirancang oleh panitia akan menyesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa selama mengenyam pendidikan di kampus INSTIKA, semisal materi kelas menulis, keaswajaan, dan kelas literasi digital. Namun, lanjut Unis, target dari pelaksanaan Ordik ’22 ini adalah literasi. Karena itu, “Terdapat dua materi selain materi wajib dari kampus yang dicanangkan dalam kegiatan Ordik, yaitu kelas menulis dan kelas literasi digital yang bekerja sama dengan Dinas Kominfo,” akunya setelah usai rapat.

Oleh karena itu, lanjut Unis, panitia berharap seluruh mahasiswa peserta Ordik dapat menyimak dengan serius seluruh materi yang disajikan pada saat Ordik sehingga nantinya mampu menguasi berbagai macam literasi yang semakin pesat berkembang. Jadi, Mahasiswa tidak hanya aktif secara akademik. Lebih dari itu, dalam dunia literasi secara umum juga mampu bersaing dan memberikan sumbangsih yang positif.

“Itu yang menjadi harapan utama kami selaku pihak kampus,” pungkas Sanusi selaku staf kemahasiswaan di akhir rapat.

Penulis: Ach. Warist (Fajar News INSTIKA)

Editor: Masykur Arif (LP2D)