ORDIK Putri 2022, Optimalkan Pengenalan Kampus

INSTIKA Ahad, 11 September 2022 05:02 WIB
197x ditampilkan Berita

Guluk-Guluk  - INSTIKA - Mahasiswa baru putri Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep mengikuti pelaksanaan kegiatan Orientasi Pendidikan Kampus (ORDIK). Mulai dari praordik, Kamis (01/09/2022), hingga pelaksanaan Ordik, Ahad-Kamis (04-08/09/2022), di kampus INSTIKA.

Tahun ini, Ordik dilaksanakan seperti pada tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19, yakni selama satu minggu. Di masa pandemi hanya dilaksanakan empat hari. Ordik dilaksanakan satu minggu guna mengoptimalkan kembali materi pengenalan kampus yang sempat dikurangi pada masa pandemi.

Zulfiyah, ketua panitia Ordik 2022, menyatakan bahwa pelaksanaan Ordik tahun ini kembali dikonsep dengan rentetan kegiatan dan materi seperti sebelum pandemi. Terhitung ada 11 materi yang harus diikuti peserta Ordik.

Tema Ordik kali ini adalah: “Kontekstualisasi Nilai-Nilai Kepesantrenan di Era Transformasi Pendidikan”. Tema ini, kata Zulfiyah, membahas tentang penyelarasan sistem pembelajaran di kampus yang berbasis pesantren di masa transformasi pendidikan pascapandemi, seperti sistem pembelajaran jarak jauh atau daring.

Beberapa materi Ordik yang harus diikuti mahasiswa baru adalah; tentang keannuqayahan, keaswajaan sebagai ideologi kampus INSTIKA, materi terkait kode etik, sistem akademik, pengenalan fakultas dan prodi, dan materi pengenalan Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) yang terdiri dari Senat Mahasiswa Institut (SEMA-I), Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut (DEMA-I), dan seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Selain materi tentang pengenalan kampus, peserta Ordik juga harus mengikuti pelatihan menulis ilmiah. Tujuannya agar mahasiswa bisa menulis karya ilmiah sebagai bekal menjadi mahasiswa. Selain itu, juga terdapat materi tentang Intelektual, Emotional, dan Spiritual Quotient (IESQ). Dr. Zamzami Sabiq. M.Psi., selaku pemateri IESQ menyatakan bahwa materi ini bertujuan sebagai pengenalan terhadap setiap manusia untuk mengenal dirinya sendiri.

Di samping itu, juga ada materi Tatib Lalu Lintas yang disampaikan Kiai M. Faizi. Mahasiswa oleh Kiai Faizi dihimbau untuk selalu bersikap sopan dan menaati rambu-rambu lalu lintas saat berkendara.

Materi terakhir seminar tentang Keperempuanan yang disampaikan Dinas Sosial bagian Pemberdayaan Perempuan dan Anak. Materi ini memberikan edukasi bagi seluruh mahasiswa baru tentang macam-macam kekerasan seksual pada perempuan dan cara-cara menghindarinya.

Kiai Dr. Mohammad Hosnan, M.Pd.I., Wakil Rektor II, dalam sambutannya menyampaikan bahwa INSTIKA merupakan pilihan yang tepat untuk mahasiswa, sebagai kampus Tatakrama, mahasiswa diharapkan agar selain menaati seluruh aturan kampus, mahasiswa juga harus menaati seluruh aturan pesantren.

Selain itu, Kiai Hosnan juga berharap agar semangat mahasiswa baru tetap bertahan dari awal sampai akhir, dan mahasiswa angkatan 2022 lulus tepat waktu secara bersamaan. Sebab, baginya, satu angkatan, berarti satu komitmen dan satu perjuangan.

Pelaksanaan Ordik 2022 khusus mahasiswi ini berakhir pada Kamis (08/09/2022). Penutupan diisi dengan peresmian mahasiswa baru angkatan 2022 oleh Ketua SEMA-I, Siti Nashifah Aviana, dan pembacaan Sumpah Mahasiswa yang dipimpin oleh Ketua DEMA-I, Lailatus Syarifah.

Penulis : Maria Ulfa (LPM Dinamika)
Editor : Masykur Arif