Sambut Semester Gasal 2022-2023, INSTIKA Gelar Silaturahmi Pimpinan, Dosen, dan Karyawan

INSTIKA Rabu, 21 September 2022 20:11 WIB
37x ditampilkan Galeri Headline Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep menggelar silaturahmi pimpinan, dosen, dan karyawan, Rabu (21/09/2022) di Aula Pertemuan.

Tujuan silaturahmi ini, selain menyambut perkuliahan semester gasal tahun akademik 2022-2023, juga untuk memberikan motivasi kepada dosen dan karyawan yang mengabdi di INSTIKA.

Ketua Yayasan Pondok Pesantren Annuqayah, Drs. K.H. Abbadi Ishomuddin, M.A., hadir dalam kesempatan ini. Ketua Yayasan, dalam sambutannya, memberikan informasi bahwa Pengurus Pesantren dan Yayasan Annuqayah sudah dijadikan satu.

Selain itu, pihak yayasan juga sedang berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, seperti, salah satunya, meningkatkan kualitas karya tulis ilmiah. Kiai Abbadi mengharapkan para dosen dapat membantu menggapai upaya itu.

Setelah sambutan dari Yayasan, dilanjutkan dengan sambutan Rektor INSTIKA, Drs. K. H. Ah. Syamli, M.Pd.I. Dalam sambutannya, rektor menyampaikan bahwa INSTIKA sedang mempersiapkan akreditasi untuk beberapa prodi. Oleh karena itu, ia mengharap dukungan dan doa dari para dosen. "Mohon doanya, semoga pelaksanaan akreditasi bisa lebih mudah, lancar, dan sesuai harapan," katanya.

Pada kesempatan itu, Kiai Syamli juga menyampaikan harapannya kepada para dosen agar melaksanakan tridarma perguruan tinggi dengan baik. Sebab, menurutnya, dosen adalah nafasnya perguruan tinggi. "Apabila dosennya tidak berkualitas, maka perguruan tingginya juga tidak berkualitas," jelasnya.

Oleh karena itu, rektor menginginkan kualitas dari pendidikan, pengabdian, dan penelitian para dosen terus meningkat. Termasuk karir para dosen hendaknya semakin terus ditingkatkan. "Peningkatan kualitas dan karir bapak/ibu dosen sangat penting bagi perguruan tinggi," terangnya.

Sementara Wakil Rektor I, Dr. H. Damanhuri, M.Ag., menyampaikan beberapa informasi akademik terbaru. Pertama, berkaitan dengan dosen yang meraih gelar doktor. Dalam catatannya, selama Juni sampai Agustus 2022 terdapat enam dosen INSTIKA yang meraih gelar doktor. Dan tiga orang lulus beasiswa Pemprov Jawa Timur.

"Secara keseluruhan, dosen INSTIKA yang sudah bergelar doktor tercatat 19 orang," katanya.

Kedua, INSTIKA mengimplementasikan kurikulum MBKM pada angkatan 2022. Ketiga, menggelar Intensive Course, yakni pelatihan menulis Arab dan fasih membaca Al-Quran khusus mahasiswa yang lulus bersyarat. Keempat, di tahun 2022, INSTIKA meraih penghargaan sebagai institusi dengan predikat Baik Sekali.

Setelah Wakil Rektor I, Wakil Rektor II Dr. K. H. Mohammad Hosnan, M.Pd., menyampaikan bahwa fasilitas untuk pelaksanaan perkuliahan semester gasal sudah disiapkan dengan baik. Para dosen dan mahasiswa dapat melaksanakan perkuliahan sesuai jadwal dan ruang kelas yang ditentukan.

Kiai Hosnan juga menyampaikan bahwa pelayanan ke depan adalah pelayanan dengan senyuman. Diharapkan karyawan serta dosen untuk memberikan pelayanan dengan senyuman.

Sementara itu, Wakil Rektor III, K. M. Mushthafa, M.A., meminta dosen untuk ikut terlibat dalam penerapan kode etik mahasiswa. "Misalnya dosen memberikan bantuan dan dukungan di sela-sela perkuliahan mengenai kode etik mahasiswa," terangnya.

Kiai Mushthafa juga menyampaikan bahwa pihaknya akan membuka UKM-UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) baru sehingga lebih beragam dan bisa menampung seluruh minat dan bakat mahasiswa.

UKM baru itu membutuhkan dosen pembimbing. Sehubungan dengan ini, Kiai Mushthafa merencanakan akan menetapkan dosen pembimbing untuk berbagai kegiatan mahasiswa itu.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)