Silaturahmi Keluarga Besar INSTIKA, Rektor: Dosen adalah Jantungnya Perguruan Tinggi

INSTIKA Rabu, 21 September 2022 20:20 WIB
40x ditampilkan Galeri Headline Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - "Dosen merupakan nafasnya perguruan tinggi," kata Rektor Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep, Drs. K.H. Ah. Syamli, M.Pd.I. Bahkan, katanya lagi, dosen merupakan jantungnya perguruan tinggi.

Hal itu disampaikannya pada saat silaturahmi pimpinan, dosen, dan karyawan INSTIKA, Rabu (21/09/2022) di Aula Pertemuan.

Karena itu, lanjut Kiai Syamli, dosen harus berkualitas dan harus terus meningkatkan kualitasnya. Sebab, dalam pandangannya, kualitas dosen akan menentukan kualitas perguruan tinggi.

"Peningkatan kualitas dan karir bapak/ibu dosen, sangat penting bagi perguruan tinggi kita," terangnya.

Oleh sebab itu, dalam melaksanakan tridarma perguruan tinggi, rektor mengharapkan para dosen dapat melaksanakannya dengan sebaik mungkin. Dosen yang berprestasi, baik di bidang penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat, diharapkan dapat menjadi contoh bagi dosen yang lain.

Dalam melaksanakan pembelajaran, tatap muka antara dosen dengan mahasiswa adalah hal yang sangat penting. Meskipun pembelajaran bisa dilaksanakan secara daring atau online, rektor menilai, tatap muka tetap yang terbaik dan wajib dilaksanakan. "Tatap muka harus tetap dipertahankan dan terus diperbaiki setiap tahun," katanya.

Dalam pembelajaran, Kiai Syamli juga mengharapkan, dosen tidak sekadar mentransfer ilmu, melainkan juga membentuk karakter peserta didik, yakni dengan menjadikan dirinya sebagai teladan yang baik. "Kita harus memberi teladan yang baik kepada mahasiswa," jelasnya.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)