416 Wisudawati Dikukuhkan pada Wisuda XXIV

INSTIKA Rabu, 26 Oktober 2022 17:11 WIB
281x ditampilkan Galeri Headline Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA – Hari kedua pelaksanaan Rapat Terbuka Senat dalam rangka Wisuda XXIV Program Sarjana dan Magister Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep tahun akademik 2021/2022, Rabu (26/10/2022), di Aula Asysyarqawi., secara resemi mengukuhkan 416 wisudawati. Hari pertama, Selasa (25/10/2022), pengukuhan untuk wisudawan. Tercatat 328 wisudawan dikukuhkan.

Rektor INSTIKA, Drs. K. H. Ah. Syamli, M.Pd.I., melaporkan, secara keseluruhan jumlah wisudawan dan wisudawati berjumlah 744 orang. Rinciannya, 705 orang jenjang strata satu (S-1) dan 39 orang jenjang strata dua (S-2).

Dalam sambutannya di hadapan wisudawati, rektor mengingatkan, menuntut ilmu tidak ada batasnya. Prosesi wisuda dan peraihan gelar sarjana bukanlah akhir dalam menuntut ilmu. Mengutip perkataan Ibn al-Mubarak, “Seseorang yang disebut pintar selagi ia terus belajar. Begitu ia merasa pintar dan berhenti belajar, maka saat itu ia bodoh,” tegas kiai Syamli. Karena itu, rektor sangat mengharapkan peserta wisuda tidak pernah berhenti dalam belajar, menambah pengalaman, dan pengetahuan.

Ilmu itu sangat luas, lanjut Kiai Syamli. Seseorang yang terus mencari ilmu akan mengetahui betapa luasnya ilmu itu dan akan menyadari bahwa ilmu yang diperolehnya masih sangat sedikit. Kiai Syamli meminta, jika memungkinkan, peserta wisuda yang lulus di jenjang strata satu bisa melanjutkan ke jenjang starata dua, dan yang lulus di jenjang strata dua bisa melanjutkan ke jenjang strata tiga. Termasuk juga mahasiswa yang ingin terjun ke tengah-tengah masyarakat, seperti bekerja atau yang ingin menikah, diharapkan tetap mencari ilmu. “Sebab, menikah itu juga butuh ilmu,” jelas Kiai Syamli,

Pada kesempatan ini, rektor juga menyampaikan perkembangan INSTIKA dan berbagai prestasi yang diraih oleh civitas akademika INSTIKA. Rektor mengabarkan bahwa INSTIKA mendapatkan penghargaan dari Kopertais IV Surabaya sebagai perguruan tinggi swasta dengan predikat Baik Sekali. INSTIKA, katanya, akan terus melakukan pembenahan untuk meraih predikat yang Unggul.

Mewakili civitas akademika INSTIKA, rektor juga menyampaikan selamat dan sukses kepada wisudawan dan wisudawati yang telah meraih gelar akademik, baik sarjana maupun magister. Rektor juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua atau wali wisudawati yang hari ini turut berbangga dan berbahagia menyaksikan keberhasilan putra-putrinya menyelesaikan studi sesuai jenjang dan programnya masing-masing. “Semoga segenap ikhtiar yang telah diupayakan oleh Bapak dan Ibu selama memberikan dukungan bagi para putra-putrinya akan tercatat sebagai amal kebajikan dan mendapatkan balasan yang lebih baik dari Allah SWT,” ujarnya.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)