HMP PIAUD INSTIKA Ikuti Visiting Lecture Peran Mahasiswa dalam Akreditasi

TARBIYAH Selasa, 29 November 2022 17:37 WIB
258x ditampilkan Galeri Headline Berita

Kediri - INSTIKA - Mahasiswa memiliki peran yang sangat penting dalam proses akreditasi. Karena itu, mahasiswa perlu juga diberi pengetahuan mengenai proses akreditasi.

Sehubungan dengan hal tersebut, Perkumpulan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) bidang kemahasiswaan wilayah Jawa Timur dan Bali bekerja sama dengan Ikatan Mahasiswa PIAUD Seluruh Indonesia (IKMAPISI) Jawa Timur mengadakan Visiting Lecture bertajuk Sinergitas Peran Mahasiswa dalam Akreditasi Program Studi di Institut Agama Islam (IAI) Tribakti, Kediri, Ahad (27/11/2022).

Nur Fadila dan Qarina El Hariza Adim selaku Pengurus Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep hadir dalam kegiatan itu. Kegiatan itu juga dihadiri HMP PIAUD se Jawa Timur dan Bali.

Mohammad Afnan, M. Pd.I., selaku Pengurus PPS PIAUD bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Advokasi, dan sekaligus Kaprodi PIAUD INSTIKA mengatakan, kegiatan yang melibatkan IKMAPISI Jawa Timur ini menghadirkan Ketua PPS PIAUD Indonesia Pusat, yaitu  Dr. Nur Hamzah, M.Pd., dari IAIN Pontianak.

"Harapan kami dengan adanya kegiatan ini mahasiswa memiliki pemahaman yang lebih komprehensif tentang peran mereka dalam kegiatan akreditasi," katanya. Momentum ini juga dipergunakan untuk melakukan konsolidasi dengan pengurus IKMAPISI PIAUD guna menindaklanjuti program selanjutnya. Terlebih IKMAPISI Jawa Timur memang berada di bawah bidang kemahasiswaan, kerjasama dan advokasi Perkumpulan PIAUD Jatim.

Sementara itu, Wakil Ketua HMP PIAUD INSTIKA, Nur Fadila, yang menjadi peserta kegiatan itu mengatakan, banyak hal yang ia dapatkan dari kegiatan itu, seperti pentingnya peran mahasiswa dalam akreditasi prodi.

"Kami juga bisa bersilaturrahim dan saling berbagi informasi dengan sesama mahasiswi PIAUD se Jawa Timur. Selain itu, kami bisa memperkuat networking HMP PIAUD INSTIKA untuk lebih memposisikan diri sebagai HMP yang maju di Jawa Timur," ujarnya.

Qarina El Hariza Adim selaku pengurus Bidang Kesenian dan Bakat HMP Prodi PIAUD INSTIKA, yang juga hadir dalam kegiatan itu mengatakan, Visiting Lecture ini memberikan pengalaman baru baginya. Menurutnya, kegiatan ini perlu terus ditingkatkan untuk kemajuan HMP PIAUD INSTIKA. "Kami berterima kasih kepada ketua prodi PIAUD INSTIKA, yang ternyata juga menjadi pengurus PPS PIAUD wilayah Jawa Timur dan Bali dan melibatkan kami dalam event-event regional dan nasional," ungkapnya.

Menurut pengakuannya, ketua IKMAPISI Jawa Timur meminta PIAUD INSTIKA sebagai tuan rumah Kongres Tahunan IKMAPISI Jawa Timur pada tahun mendatang. "Tapi ini tentu harus mendapat persetujuan pihak fakultas dan prodi. Semoga disetujui," katanya.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)