PANITIA SPMB: 2 HARI LAGI GELOMBANG 1 SPMB INSTIKA DAN IST ANNUQAYAH AKAN DIBUKA

INSTIKA Ahad, 24 Februari 2019 14:46 WIB
309x ditampilkan Headline Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Penerimaan mahasiswa baru Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA)  dan Institut Sains dan Teknologi (IST) Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep tahun 2019 akan segera dibuka. “Untuk gelombang pertama tinggal 2 hari lagi, yakni akan dibuka tanggal 26 Februari sampai 5 Maret 2019,” demikian kata  Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) tahun 2019  Drs. Abdul Halim, M.Pd.I., usai memimpin rapat SPMB di Ruang Pertemuan INSTIKA, Sabtu (23/2/2019).

Untuk INSTIKA, biaya pendaftaran calon mahasiswa baru tidak berubah sebagaimana tahun sebelumnya, yakni Rp. 100.000 untuk gelombang 1. Sementara khusus IST pendaftar gelombang 1 sebesar Rp. 200.000. “Untuk gelombang selanjutnya ada kenaikan tarif pendaftaran,” ujar ketua panitia.

Menariknya, ada kabar gembira bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar di INSTIKA khusus program studi tertentu. Yaitu, 20 pendaftar pertama yang memilih prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan Hukum Keluarga Islam (HKI) digratiskan dari uang pendaftaran; dan 10 pendaftar pertama yang memilih prodi Al-Qur’an dan Tafsir (IQT) dan Tasawuf dan Psikoterapi (TP) dibebaskan dari uang pendaftaran. “Sementara itu, bagi calon mahasiswa baru IST Annuqayah, 10 pendaftar pertama pada semua prodi dibebaskan dari uang pendaftaran,” terang ketua panitia.

Adapun seluruh prodi yang siap menerima mahasiswa baru di INSTIKA adalah sebagai berikut. Di bawah fakultas syari'ah ada 2 prodi: 1 Hukum Ekonomi Syariah (HES), 2 Hukum Keluarga Islam (HKI).

Fakultas Tarbiyah 3 prodi: 1 Pendidikan Agama Islam (PAI), 2 Pendidikan Bahasa Arab (PBA), dan 3 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).

Fakultas Ushuluddin 2 prodi: 1 Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (IQT), 2 Tasawuf dan Psikoterapi (TP).

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) 2 prodi: 1 Perbankan Syariah (PS), 2 Ekonomi Syariah (ES).

Sedangkan IST Annuqayah, prodi yang siap menerima mahasiswa baru ada 6; di bawah fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) ada 3 prodi; 1, Biologi. 2, Kimia. 3, Matematika.

Pada Fakultas Teknik 2 prodi; 1, Teknik Sipil. 2, Teknologi Informasi.

Di bawah Fakultas Pertanian 1 prodi, yakni prodi Teknologi Hasil Pertanian.

Sekretaris SPMB, Maksum, S.E.I., M.SI., mengatakan, untuk lebih jelasnya mengenai informasi SPMB INSTIKA dan IST Annuqayah dapat dilihat di brosur, baik versi pdf yang dapat didownload di instika.ac.id maupun versi cetaknya yang dapat diambil langsung di kantor INSTIKA. “Di brosur sudah tertera nomor telepon narahubung yang dapat dimintai informasi,” jelasnya.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)