KKN Posko XXIII Adakan Penyuluhan Kesehatan

LP2M Rabu, 16 Agustus 2017 10:26 WIB
605x ditampilkan Berita

Rubaru-Jum’at (11/08) pukul 08.00 WIB, Posko XXIII Rubaru I mengadakan kegiatan Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja. Terlaksananya kegiatan tersebut atas kerjasama dengan Puskesmas Rubaru. Kegiatan ini dihadiri oleh 38 orang yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 33 orang perempuan.  Kegiatan tersebut dilaksanakan di Mushalla Nurul Huda Rubaru.

Fasilitator kegiatan tersebut adalah Ibu Yeyen Sumarni dan Ibu Lilik Zaini. Materi yang disampaikan pada kegiatan tersebut adalah materi tentang Reproduksi Remaja, Free Sex (seks bebas), dan narkoba.

Ibu Lilik selaku fasilitator pertama menyampaikan bahwa remaja Indonesia saat ini telah mengalami kerusakan. Hal utama yang menjadi penyebab kerusakan remaja saat ini adalah Free Sex dan Narkoba. Selain itu beliau juga menyampaikan efek yang akan dialami oleh pelaku seks bebas. Diantara efek tersebut adalah penyakit kelamin yang dialami pria maupun wanita. Seperti kencing nanah atau darah yang berbau busuk, rasa gatal yang hebat sepanjang alat kelamin, keputihan yang berbusa, berwarna kehijauan, berbau busuk dan gatal, timbul bercak-bercak darah setelah berhubungan seksual dan lain-lain.

Sedangkan Ibu Yeyen selaku fasilitator kedua menambahkan beberapa poin materi yang telah disampaikan oleh Ibu Lilik. Beliau menambahkan bahwa efek yang paling besar bagi pelaku seks bebas adalah HIV/AIDS yang merupakan paling bahayanya penyakit dan sampai saat ini belum ditemukan obatnya. Selain itu, beliau juga menambahkan bahwa ada beberapa hal yang akan terjadi setelah menggunakan narkoba. Beberapa hal tersebut adalah pencurian, sensitive, pencabulan dan tindakan kriminal lainnya.

“ Ada beberapa solusi pencegahan yang bisa kita lakukan agar kita terhindar dari hal negative. Solusi tersebut adalah hidup sehat dengan berolahraga, melakukan kegiatan positif, habiskan waktu bersama teman-teman yang tidak macem-macem dan aktif dalam kegiatan keagamaan.  Generasi hari esok ditentukan oleh generasi hari ini. Ungkap Ibu Lilik di akhir materi.

“ Masa remaja memiliki masa depan yang cerah untuk dicapai. Jangan biarkan ia gelap dengan perilaku yang tidak baik seperti seks bebas. Karena dalam teori seks bebas mengatakan bahwa satu malam saja bisa mengubah segalanya. Generasi hari esok ditentukan oleh remaja hari ini.” Pesan yang disampaikan oleh salah satu anggota Posko XXIII.

Awalnya, Posko XXIII Rubaru I merencanakan pelaksanaan kegiatan tersebut pada tanggal 10 Agustus 2017. Namun, kegiatan tersebut baru terlaksana tanggal 11 Agustus 2017 disebabkan kesibukan fasilitator yang tidak bisa ditinggalkan (Kholifah/Posko XXIII Rubaru I )