TP LUNCURKAN PROGRAM PRAKTIKUM TERAPI SUFISTIK

USHULUDDIN Rabu, 23 Oktober 2019 15:56 WIB
203x ditampilkan Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi (Prodi TP) Fakultas Ushuluddin Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-guluk Sumenep, Rabu (23/10/2019) siang, meluncurkan program Praktikum Terapi Sufistik khusus mahasiswa semester tujuh. Peluncuran program baru ini ditandai dengan Sosialisasi tentang pelaksanaan praktikum. Peserta sosialisasi adalah lembaga-lembaga sekolah di lingkungan Annuqayah dan beberapa dosen yang akan menjadi pembimbing lapangan.

“Tujuan kegiatan ini adalah melatih mahasiswa untuk mempraktikkan teori yang diperoleh selama kuliah,” kata Kaprodi TP, Mahmudi, M.Fil.I., saat sambutan. Terlebih, lanjutnya, 60% kurikulum di TP lebih ditekankan kepada aspek praktik. Harapannya, dengan praktikum ini, mahasiswa TP mampu melakukan terapi sesuai dengan tujuan lulusan prodi TP.

Program ini akan dilaksanakan oleh mahasiswa peserta praktikum mulai 26 Oktober hingga 7 Desember 2019. DPL akan mendampingi mereka selama melaksanakan program ini. “Lembaga-lembaga sekolah yang kami ajak kerjasama dalam pelaksanaan program ini hanya lembaga sekolah yang ada di lingkungan Annuqayah,” ungkap Mahmudi. Alasannya, karena program ini baru pertama kali dilaksanakan. Diharapkan tahun-tahun berikutnya bisa bekerjasama dengan sekolah-sekolah di luar lingkungan Annuqayah.

Pada saat sosialisasi, Sekretaris Prodi Nuzulul Khair, S.Psi., M.A., menyampaikan dalam pelaksanaannya mahasiswa di lapangan, selain didampingi DPL juga akan bekerjasama dengan Guru BK (Bimbingan dan Konseling) sekolah. Segala hal yang berkaitan dengan BK akan coba dikerjakan oleh mahasiswa yang melakukan praktikum.

Pihak sekolah yang hadir pada saat sosialisasi ini mengharapkan jadwal praktikum hendaknya disesuaikan dengan jadwal aktif KBM di sekolah. Sebab di tengah pelaksanaan praktikum ini ada liburan Maulid selama seminggu. Masukan ini ditanggapi positif oleh Nuzulul Khair. Pada saat jeda liburan mahasiswa dapat mengisinya dengan mendalami masalah yang ditemukan di lapangan.

Kaprodi TP mengharapkan pada tahun-tahun yang akan datang pelaksanaan praktikum yang baru diluncurkan dan pertama kali akan dilasakanakan ini dapat lebih baik lagi. “Tahun depan tentu kami mengharapkan pelaksanaan praktikum ini akan lebih sempurna dan manfaatnya banyak dirasakan oleh semua kalangan,” pungkasnya.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)