Gerakan Meresume Buku

INSTIKA Rabu, 15 September 2021 03:08 WIB
24x ditampilkan Galeri Berita

Sumenep -  INSTIKA - Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Integratif posko 42 Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep merealisasikan salah satu program kerjanya, yakni Gerakan Resume Santri.

Kegiatan ini melibatkan seluruh santri yang mengunjungi perpustakaan PP Annuqayah Latee 1.

Demikian juga, kegiatan tersebut terkait dengan judul Riset dan PkM yang mereka usung, yakni “Literasi”.

Sedangkan fokus kerjanya adalah peningkatan minat baca santri di PP Annuqayah Latee 1.

Untuk itulah, KKN Integratif posko 42 berniat menemukan terobosan dalam literasi guna mencapai tujuan tersebut.

Maka dipilihlah perpustkaan PP Annuqayah Latee 1. Di perpustakaan ini, posko 42 merealisasikan kegiatan berupa meresume buku-buku yang ada di perpustakaan tersebut. Tujuannya untuk meningkatkan minat baca santri.

Bagi perpustakaan sendiri, diharapkan pengunjung semakin banyak.

Dalam melibatkan santri pengunjung perpustakaan untuk meresume buku, pada awalnya, dirasa sangat berat. Alasannya, pengunjung mengaku kurang percaya diri untuk menuangkan inspirasi yang diperoleh setelah membaca.

Namun setelah kegiatan meresume direalisasikan, program tersebut memperoleh respon positif dari santri, baik kalangan mahasiswa ataupun siswi.

“Alhamdulillah, menurut saya program meresume buku ini menarik banyak pengunjung” ucap saudari Baiturrahmah selaku Pengurus Sekretaris Perpustakaan.

Hal tersebut juga ditandai oleh ramainya pengunjung yang membaca yang ikut meresume.

Terdapat beberapa santri yang cenderung lebih suka membaca saja dari pada menulis dan menceritakan ulang. Untuk itulah, KKN Integratif posko 42 tertarik meneliti dan sekaligus mendampingi program yang ada di perpustakaan PP Annuqayah Latee 1.

“Saya mengharap program resume kami dapat membantu teman-teman santri Latee 1 di bidang literasi. Saya kira kegiatan ini cukup strategis untuk mengasah hal tersebut” tutur saudara Jamilatul Khalilah selaku ketua KKN Integratif Posko 42.

Penulis: Peserta KKN Posko 42
Editor: Masykur Arif