Dosen FEBI, Anna Zakiyah Hastriana, Raih Gelar Doktor di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

INSTIKA Rabu, 24 Agustus 2022 12:38 WIB
163x ditampilkan Galeri Headline Berita

Yogyakarta - INSTIKA - Anna Zakiyah Hastriana adalah dosen tetap Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep. Perempuan yang lahir di Pasongsongan Sumenep 1983 ini memiliki cita-cita meraih gelar akademik tertinggi, yaitu doktor.

Cita-cita itu, akhirnya bisa diraihnya pada Selasa (23/08/2022), di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Ia berhasil menyelesaikan studi S-3 selama tujuh tahun dan meraih gelar doktor dengan predikat Sangat Memuaskan.

"Alhamdulillah, saya sangat bersyukur, akhirnya saya bisa juga menyelesaikan studi S-3, meskipun sampai di semester-semester terakhir," ujarnya.

Pada Sidang Promosi Doktor, ia berhasil mempertahankan tugas akhir (penelitian disertasi) di hadapan para penguji. Penelitian disertasinya berjudul, "Model Kepuasan Nasabah pada Perbankan Syariah di Madura."

Dalam disertasinya itu, dosen tetap prodi Perbankan Syariah (PS) ini, membangun teori baru untuk pengukuran kepuasan sesuai dengan ranah ekonomi Islam khususnya pada nasabah Bank Syariah di Madura.

"Bangunan teori ini, saya formulasikan dari beberapa teori, yaitu teori Maqashid Syariah dari Imam asy-Syatibi, teori Maslahah Imam Al-Ghazali, Formulasi Matematis Maslahah dari Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam. Bangunan teori ini dinamakan Teori Kepuasan Maslahah," katanya.

Pemikirannya itu, ia pertahankan di hadapan para penguji, yaitu: (a) Prof. Drs. H. Hadri Kusuma, MBA., DBA., (b) Dr. Misnen Ardiansyah, SE., M.Si., Ak., CA., ACPA., (c) Dr. H. Syafiq Mahmadah Hanafi, M.Ag., (d) Dr. H. Abdul Mujib, M.Ag., (e) Prof. Nurul Indarti, Sivilokonom., Cand.Merc., Ph.D., (f) Prof. Dr. Hj. Casmini, S.Ag., M.Si.

Dengan keberhasilannya itu, ia mendapat gelar doktor bidang Ekonomi Islam. Di UIN Sunan Kalijaga, ia ditetapkan sebagai doktor yang ke-848. Di tempatnya mengabdi, yakni INSTIKA, ia tercatat sebagai doktor ke-20.

Hadir mengikuti ujian promosi doktornya, Rektor IST Annuqayah Dr. K.H. Mohammad Hosnan, M.Pd., Wakil Rektor I INSTIKA Dr. H. Damanhuri, M.Ag., Wakil Rektor III K. M. Mushthafa, M.A., Direktur Pascasarjana INSTIKA Dr. K.H. Ach. Maimun, M.Ag., Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. Ach. Khatib, M.Pd.I.

Rektor dan seluruh civitas academica INSTIKA mengucapkan selamat dan sukses kepada Dr. Anna Zakiyah Hastriana, S.H.I., M.E.I., atas keberhasilannya meraih gelar doktor di bidang Ekonomi Islam.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)