Mahasiswa TP Ikuti Sosialisasi dan Pembekalan Praktikum Terapi Sufistik 2020

USHULUDDIN Jumat, 9 Oktober 2020 04:45 WIB
93x ditampilkan Galeri Headline Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Mahasiswa dan mahasiswi program studi Tasawuf dan Psikoterapi (TP) semester VII (tujuh) Fakultas Ushuluddin Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep mengikuti Sosialisasi dan Pembekalan Praktikum Terapi Sufistik (PTS).

Acara tersebut antara mahasiswa dan mahasiswi dipisah. Untuk mahasiswa dilaksanakan pada Rabu (7/10/2020) di Ruang Pertemuan INSTIKA. Sementara untuk mahasiswi digelar pada keesokan harinya, yakni Kamis, (8/10/2020) di Kampus Putri.

Acara dengan mahasiswa dihadiri Dekan Ushuluddin Dr Fathurrosyid MThI, Kaprodi TP Nuzulul Khair SPsi MA, dan ketua panitia Masykur Arif M Hum. Sementara dengan mahasiswi, dekan tidak bisa hadir dan diganti wakil dekan, Mahmudi MFilI.

Pada saat sosialisasi dengan mahasiswa, Dr Fathurrosyid menyampaikan, peserta praktikum diharapkan bisa melaksanakan praktikum dengan baik.

"Saya sangat berharap mahasiswa peserta praktikum ini bisa melaksanakan praktikum dengan semangat, sesuai dengan waktu yang ditentukan sehingga tercapai tujuan dari adanya praktikum ini," ungkapnya saat memberikan sambutan.

Sedangkan wakil dekan Mahmudi MFilI pada saat sosialisasi dengan mahasiswi menyampaikan, hendaknya peserta menjaga akhlak kesantrian di tempat praktikum.

"Jangan lupa untuk memakai sopan-santun di lembaga yang ditempati praktikum. Karena Anda adalah santri yang harus berakhlak di manapun berada, terlebih di tempat praktikum," jelasnya.

Sementara itu, kaprodi TP pada dua kesempatan itu menyampaikan beberapa persoalan teknis yang akan dilakukan mahasiswa selama pelaksanaan praktikum.

Ditekankan oleh kaprodi TP bahwa mahasiswa harus hadir ke lembaga sekolah yang dijadikan tempat praktikum minimal 85 persen kehadiran. Mahasiswa juga diharapkan dapat melaksanakan kegiatan praktikum sesuai dengan petunjuk yang terdapat dalam buku panduan dan yang sudah disampaikan dalam pembekalan.

"Kehadiran itu wajib dipenuhi oleh mahasiswa. Apabila tidak sampai memenuhi target kehadiran hingga masa penarikan, maka waktu praktikumnya akan diperpanjang sehingga memenuhi target minimal kehadiran," jelas Nuzulul Khair.

Acara Sosialisasi dan Pembekalan, baik khusus mahasiswa atau pun mahasiswi, dipandu langsung oleh ketua panitia. Waktu pelaksanaannya sama, yakni dimulai sekitar pukul 10:00 hingga pukul 12:00 WIB.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)