Webinar Nasional, Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan

INSTIKA Selasa, 27 Oktober 2020 21:52 WIB
105x ditampilkan Galeri Headline Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep terus menunjukkan eksistensinya dalam upaya membangun kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Sehubungan dengan hal itu, INSTIKA pada Selasa (27/10/2020)  bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan dan DPR RI menggelar Webinar Nasional dengan tema, “Strategi Meningkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan Masyarakat dalam Pembangunan Ekonomi Kabupaten Sumenep.”

Sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut adalah MH. Said Abdullah selaku Ketua Banggar DPR RI dan Mulyanto sebagai Direktur Pengawasan LJK 2 dan Managemen Strategi OJK Kantor Regional 4 Jawa TImur.

Kegiatan yang berlangsung melalui Zoom dan YouTube INSTIKA Channel tersebut diikuti oleh 500 peserta. Mereka terdiri dari kalangan mahasiswa, pengusaha, dan dosen.

Webinar tersebut bertujuan meningkatkan literasi keuangan di kalangan mahasiswa INSTIKA dan masyarakat pada umumnya, meningkatkan jumlah pengguna produk dan layanan jasa keuangan, meningkatkan kemampuan dalam memilih dan memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan, serta menghindari  aktivitas investasi keuangan yang tidak jelas.

Kiai Syamli selaku Rektor INSTIKA mengakatan, “INSTIKA merupakan kampus pesantren di mana mahasiswanya adalah santri yang salah satu tugasnya adalah mengabdi kepada masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi. Karenanya, mahasiswa mesti melek literasi keuangan untuk membangun inklusi keuangan masyarakat.”

Sebagai tindak lanjut dari Webinar tersebut, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Ahmad Majdi Tsabit MM mengadendakan akan membangun inkubator bisnis yang akan bergerak di berbagai bidang usaha. Selain kepentingan profit, juga sebagai laboratorium bisnis bagi mahasiswa INSTIKA, paparnya.

Penulis: Syafiqurrahman (LPMP)
Editor: Masykur Arif (LP2D)