PUSKAFA Gelar Seminar Penentuan Awal Bulan Hijriah

INSTIKA Senin, 5 Juli 2021 12:27 WIB
85x ditampilkan Galeri Headline Berita

Guluk-Guluk – INSTIKA - Pusat Kajian Falakiyah (PUSKAFA) Fakultas Syariah Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep mengadakan seminar regional bertajuk “Objektivitas Hisab dan Rukyat dalam Menentukan Awal Bulan Hijriah” di Auditorium As-Syarqawi, Ahad, (4/7/2021). Acara tersebut dihadiri Ahmad Mulyadi MAg sebagai penyaji. Ia adalah akademisi dan kandidat Doktor UIN Walisongo Semarang. Sebagai moderator di acara ini adalah Fathorrozi S.H, sekretaris PW LFNU Jawa Timur.

Seluruh mashasiswa Fakultas Syari’ah hadir ke acara ini. Selain itu, panitia mengundang seluruh presiden mahasiswa (Presma) se-kabupaten Sumenep dan Pamekasan. Menurut Ach. Nur Khalili, Ketua PUSKAFA, undangan dari luar kampus INSTIKA ini bertujuan untuk berbagi ilmu mengenai kajian falakiyah yang dilaksanakan oleh Pusat Kajian Falakiyah INSTIKA.

“Kami ingin menunjukkan kalau di INSTIKA ada pusat kajian falak yang juga ikut memberikan sumbangsih keilmuan dalam memperluas wawasan mahasiswa tentang ilmu astronomi dan falak,” tutur mahasiswa Hukum Ekonomi Syari’ah ini.

Sementara Moh. Dasuki, selaku ketua panitia mengatakan bahwa diadakannya acara tersebut ingin mengklarifikasi objektivitas hisab dan rukyat. Dasuki, sapaan akrabnya, juga menjelaskan, acara tersebut sengaja diadakan untuk memberi pemahaman kepada seluruh mahasiswa atau peserta yang hadir agar tidak mudah mengklaim benar terkait dengan kejadian yang berkenaan dengan astronomi terlebih penentuan awal bulan Hijriah yang terkadang menuai konteroversi.

Mahasiswa asal Dungkek Sumenep tersebut berharap peserta yang hadir bisa memahami pembuktian ilmiah dalam menentukan awal bulan Hijriah. “Alhamdulillah acara kami sukses. Semoga seluruh peserta yang hadir mendapatkan ilmu yang bermanfaat,” pungkasnya.

Penulis: Rofiki (Mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah)